Setelah Divaksin, Kapolres dan Dandim Tanah Datar Diberi Sertifikat Covid-19

288

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Program vaksinasi massal di Tanah Datar di mulai Selasa (2/2). Pencanangan dan penyuntikan perdana vaksin Covid-19 diawali kepada beberapa pejabat di Puskesmas Lima Kaum.

Dalam aktivitas  pencanangan, Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo mendapat kesempatan penyuntikan vaksin perdana, seterusnya Dandim Tanah Datar Letkol Inf. Wisyudha Utama, ketua Pengadilan Negeri Tanah Datar Rani Suryani dan Kepala Kesbangpol Irwan.

Sedangkan pejabat Forkompinda, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD Tanah Datar dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tanah Datar Tatang urung menerima vaksin karena  kondisi kesehatan Yang kurang fit begitu beberapa OPD.

Pada kesempatan itu, Sekda Irwandi Dt Maruhun Sati mengemukakan, pandemi Covid-19 telah  mengakibatkan terjadi penurunan produktifitas dan kualitas kesehatan sekaligus mencemaskan suasana kehidupan masyarakat.

Covid merupakan bencana non alam ditemukan bulan Maret 2020 lalu begitu cepat  berkembang dalam satu bulan, covid sudah menyebar ke seluruh provinsi termasuk Sumatera barat dan Tanah Datar.
Perkembangan covid di Indonesia, sebut Irwandi, per 1 Februari 2021, tercatat angka konfirmasi positif  1.078.314, Sumatera Barat 26.979 kasus sedangkan di Tanah Datar tercatat 1.133 kasus konfirmasi.

Untuk mengantisipasi penyebaran covid, imbuh Irwandi, penanganan covid tidak cukup dengan penerapan protokol kesehatan, dibutuhkan vaksinasi.Vaksin dikembangkan dari berbagai flatform, yaitu, vaksin inaktivasi (inactive virus vaccines), vaksin virus dilemahkan (live attenuated), vaksin vector virus, vaksin asam nukleat, vaksin seperti virus (virus like vaccine), dan vaksin sub unit protein.

Pelaksanaan vaksinasi Covid  bertujuan unuk mengurangi transmisi atau penularan Covid menekan angka kesakitan dan kematian, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat  agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi, maka vaksinasi dibutuhkan.

Untuk itu, Irwandi meminta pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan baik, dan berkualitas dengan kerjasama stake holder sehingga Tanah Datar terbebas dari penyakit Covid mencemaskan itu.
” Aktivitas pencanangan diselenggara agar mayarakat haqul yakin terhadap program dan strategi pemerintah dalam mengatasi Covid,” tekan Irwandi Dt Maruhun Sati mengakhiri.

Seterusnya, Kepala Dinas Kesehatan  dr. Yesrita Zedrianis menyebutkan vaksinasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh untuk menghindari penyakit  terhadap seseorang sekaligus meningkatkan antibodi, sehingga dengan vaksin dapat mengurangi resiko terhadap penerima vaksin.

Dalam pelaksanaan vaksinasi, penerima akan melalaui empat meja, registrasi, screening, vaksinasi dan observasi selama 30 menit guna mengamati efek vaksin terhadap penerima.
” Khusus  puskesmas, vaksinasi sudah dimulai dengan sasaran tenaga kesehatan secara bertahap dan terjadwal,” pungkas Kadis Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita

Hadir dalam pencanangan itu, Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Irwandi Dt Maruhun Sati, Forkopimda ,Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu,
Kajari Tanah Datar Hardijono Sidayat, Ketua Pengadilan Agama Palatua Lubis, Kalapas Bujar Jos, Kepala BPJS Cabang Payakumbuh Apt. Febri Yanti, S.Farm, AAK,  Kepala Kemenag serta penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Sekda Irwandi kepada Kapolres AKBP Rokhmad Hari Purnomo, dan Dandim Tanah Datar Letkol Inf. Wisyudha Utama – habede.