Safari Ramadhan, Jasrinaldi Bonang: Di Hari Raya Nanti, Masyarakat Harus Disiplin Terapkan Prokes

170

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Turunnya Tim Safari Ramadhan( TSR) kabupaten Tanah Datar ke berbagai mesjid dan mushalla termasuk jorong Guguak Manih nagari sumanik Kecamatan Salimpaung bertujuan bersilaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat,sehingga pemerintah mendapat  masukan tentang pembangunan bakal dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat nantinya.

Jasrinaldi S.H, S.Sos wakil ketua  TSR kabupaten Tanah Datar  mewakili ketua TSR Sekda Tanah Datar Irwandi Dt Maruhun Sati mengemukakan hal itu dihadapan Jemaah sholat Tarwih mesjid Baiturahman jorong Guguak Manih nagari Sumanik, Rabu (14/4) malam.

Jasrinaldi yang akrab dipanggil Bonang menyebutkan, bupati Tanah Datar Eka Putra berkeinginan betul datang bertatap muka dengan bapak ibuk sekaligus mengetahui aspirasi masyarakat,  namun karena daerah bakal dikunjungi begitu banyak, maka pemerintah membentuk 20 TSR dan disebar serentak ke berbagai nagari dan Jorong di  Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Kunjungan TSR ke berbagai mesjid dan mushalla dilaksanakan sebanyak dua kali berturut-turut dengan berbeda tempat, sehingga  masyarakat tetap menerima  masukan tentang pembangunan bakal dilaksanakan di Luhak Nan Tuo.

Banyak hal yang disampaikan dan diingatkan wakil ketua Bonang, tentang bencana alam, kebakaran, aktivitas bulan ramadhan, Narkoba, keagamaan, hari raya lebaran,  dan pandemi covid yang masih berlangsung.

Namun yang paling ditekankan Bonang,  tentang pandemi covid yang belum juga berakhir termasuk di Tanah Datar. Walaupun belum ada endingnya, sebut Kepala BKD-PSDM Jasrinaldi Bonang, tetapi harus tetap waspada dengan sebaran  covid yang mematikan tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan, yaini, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun ( 3M).

Kita memantau, tambah Bonang lagi, di daerah lain, masih ada masyarakat nya mengabaikan Prokes, pada hal kita sudah masuk dalam kehidupan Adaptasi kebiasaan baru(AKB).” Mari kita disiplin menerapkan Prokes dalam AKB,” tekan Jasrinaldi.

Pada hari raya nanti, tegas Bonang lagi, mari kita terapkan prokes ketat, karena dalam pelaksanaan kegiatan hari raya sudah jelas terjadi kerumunan.” Kita akan selamat dari covid tentu harus menerapkan Prokes ketat dengan penuh disiplin,” pungkas Jasrinaldi S.H, S.Sos.

Seterusnya, ketua TSR XII Jasrinaldi Bonang langsung menyerahkan bantuan pemda Tanah Datar sebesar Rp 10 juta untuk pembangunan  mesjid Baiturahman diterima wali nagari Sumanik Irama YD didampingi pengurus mesjid Baiturahman.

Sementara, wali nagari sumanik Irama YD mengucapka terima kasih dengan kunjungan TSR ke mesjid Baiturahman sekaligus penyerahan bantuan pemda Tanah Datar sebesar Rp 10 juta untuk mesjid Baiturahman.

Rombongan TSR yang diketuai Jasrinaldi Bonang beranggotakan, Anton Yudistira, Oktavianus dan wartawan H Bakhtiar Danau, Feri Maulana, MN Hidayat, serta penceramah Ustadz Arif Zunzul Maizal M.Ag dengan topik ‘ Pandemi covid masih berlangsung harus diwaspadai ‘ – habede