Firdaus HB, Diantara Sosok di Balik Kesuksesan Gelar Doktor Fahmi Idris

156

JURNAL SUMBAR | Padang – Sosok politisi senior Partai Golkar Fahmi Idris, Senin (26/7/2021) meraih gelar Doktor Ilmu Filsafat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (UI). Namun tahukah anda siapa sosok dibalik kesuksesan yang akrab disapa Bang Fahmi ini?

Selain istri Bang Fahmi, Firdaus HB, lelaki kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat 6 Maret 1968 ini ternyata banyak andil membantu Bang Fahmi, mantan Ketua Laskar Ampera Arief Rachman Hakim ini.

“Suatu kehormatan dan kebahagiaan yang tiada tara diminta mendampingi Bang Fahmi Idris, senior kami, mentor kami, guru kami dalam Sidang Terbuka beliau mempertahankan Disertasi S3 nya di Program Studi Ilmu Filsafat UI dg judul “Korupsi pada Masyarakat yang Menjunjung Tinggi Keadialan Sosial: Refleksi Kritis Berbasis Kontraktualisme Rawls” dengan Predikat “CUM LAUDE” kata Firdaus HB kepada media ini Selasa (27/7).

Ia menerangkan ujian doktoral Bang Fahmi, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Mantan Menteri Perindustrian ini adalah ujian S3 yang ke dua kalinya, sebelumnya Bang Fahmi 5 tahun juga meraih S3 di Bidang SDM di UNJ.

Firdaus mengungkapkan saat team penguji bertanya apa yg membuat Bang Fahmi begitu disiplin dan semangat menyelesaikan pendidikannya ini ?, dengan mata berkaca-kaca sambil menarik nafas panjang Fahmi menjawab, “saya menjalankan nasehat dan sekaligus perintah ibunda saya dulu supaya saya sekolah sampai paling tinggi” terangnya.

Kini, Firdaus mengharapakan, kepada generasi muda bahwa Bang Fahmi telah memberikan pelajaran bahwa Bang Fahmi menyelesaikan S3 nya pada usia 78 tahun, tapi beliau masih semangat, masih rajin dan bahkan sudah menerbitkan 6 Buku karyanya.

“Alhamdulillah semua ini melengkapi dan menyempurnakan kiprah Bang Fahmi sebagai aktivis 66, Tokoh Politik, Tokoh Pengusaha dan lain-lain. Sekali lagi. Selamat Bang Fahmi, semoga mendapatkan ilmu yg bermanfaat, dan menebarkannya menjadi ibadah, sehat selalu, sukses dunia akhirat. Amin” tukuk Firdaus.agusmardi