Simak Pidato Kenegaraan Presiden, DPRD Tanah Datar Gelar Rapat Paripurna Istimewa

521

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Rapat Paripurna mendengarkan pidato Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada sidang tahunan MPR RI bersama DPR RI dan DPD RI 2021 dan penyampaian RUU RAPBN tahun anggaran 2022 dalam sidang pembukaan masa persidangan I DPR RI tahun sidang 2021 – 2022 secara virtual, Senin (16/8) di ruang sidang gedung DPRD Tanah Datar di Pagaruyung.

Aktivitas rapat Paripurna dipimpin dipimpin dan dibuka Ketua DPRD Rony Mulyadi, Dt. Bungsu didampingi Wakil Ketua Anton Yondra Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE dan Wakil Bupati Richi Aprian, SH. MH, Plh Sekda Edi Susanto bersama Forkopimda dan anggota DPRD Tanah Datar, Kepala OPD, BUMN, BUMD, serta undangan.

Dalam kegiatan virtual itu, Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan guna merealisasikan kebijakan fiskal yang tetap ekspansif untuk mendukung percepatan pemulihan sosial ekonomi, pemerintah menyiapkan enam fokus utama dalam kebijakan APBN 2022 mendatang.

Enam fokus utama yang disiapkan pemerintah, sebut Jokowi, dalam kebijakan APBN 2022, adalah ; Pertama, melanjutkan upaya pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan.Kedua, menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan.

Ketiga, memperkuat agenda peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berintegritas, dan berdaya saing. Keempat, melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi.Kelima, penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah.

Terus keenam, melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero-based budgeting untuk mendorong agar belanja lebih efisien, memperkuat sinergi pusat dan daerah, fokus terhadap program prioritas dan berbasis hasil, serta antisipatif terhadap kondisi ketidakpastian.

Untuk itu Presiden Jokowi menekankan, enam fokus utama tersebut harus sejalan dengan tema kebijakan fiskal tahun 2022, yaitu ‘ Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural’.

Ditegaskan Jokowi, pemulihan sosial ekonomi akan terus dimantapkan sebagai penguatan fondasi, untuk mendukung pelaksanaan reformasi struktural secara optimal – habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here