Sukses Sebagai Paskibraka Nasional, Flora Diberi Bonus dan Diarak Keliling Kota Painan

657

JURNAL SUMBAR | Painan – Sukses menjalankan tugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Merdeka Jakarta pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 76 pada tanggal 17 Agustus 2021 lalu, Flora Flesia Tanjung, siswa kelas XI SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), diarak keliling Kota Painan, Senin (23/8).

Selain Flora, juga ikut diarak Aditya Aprilio Maulana, anggota Paskibraka Provinsi Sumbar. Kedua pahlawan muda tersebut diarak, mulai di halaman kantor bupati, menuju Pasar Painan, jalan Ilyas Yakub, terus ke Salido, dari Salido kembali ke Painan, dan finish di rumah Bupati Pesisir Selatan.

Kedatangan Flora di Kota Painan, mendapat sambutan meriah dari masyarakat, yang menyaksikan di sepanjang jalan yang dilewati saat arak arakan.

“Selamat Flora, kami bangga dengan prestasimu,” kata salah seorang masyarakat yang sengaja berdiri di pinggir jalan menyaksikan arak arakan.

Sebagaimana diketahui, Flora Flecia Tanjung, yang sudah sukses sebagai anggota Paskibraka Nasional dan Aditya Aprilio Maulana, anggota Paskibraka Provinsi Sumbar, sengaja diundang oleh Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, untuk hadir pada apel gabungan bersama pejabat eselon II dan III di halaman kantor bupati.

Kehadiran Flora Flesia, pada apel gabungan yang juga dihadiri oleh Pj Sekdakab Pessel, Luhur Budianda, para kepala perangkat daerah, staf ahli, asisten, dan para pejabat eselon III di jajaran Pemkab Pessel, itu, juga mendapat sambutan hangat ASN yang hadir.

“Prestasi yang diraih Flora Flesia, ini patut mendapatkan apresiasi oleh pemerintah daerah dan masyarakat Pessel secara umumnya. Sebab terpilih sebagai anggota Paskibraka nasional dan tampil di depan presiden di istana negara pada upacara HUT kemerdekaan RI ke 76 pada tanggal 17 Agustus 2021 lalu, bukanlah hal yang mudah,” kata Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, setelah apel gabungan.

Dikatakannya bahwa atas prestasi itu, pemerintah daerah Pessel memberikan berupa bonus sebesar Rp 5 juta.

“Walau jumlahnya tidak besar, namun ini merupakan sebuah apresiasi dari pemerintah daerah guna memberikan motivasi dan semangat kepada Flora Flesia, agar tetap berprestasi di masa datang,” katanya.

Dijelaskan juga bahwa atas nama pemerintah daerah dan secara pribadi, Rusma Yul Anwar, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Flora Flesia karena telah mengharumkan nama Kabupaten Pesisir Selatan di tingkat nasional.

“Saya berharap di masa datang tetap ada anak-anak Pessel yang mengikuti jejak langkah Flora Flesia. Motivasi itu diharapkan juga bisa ditularkan Flora kepada para junior-juniornya agar Pessel semakin dikenal lagi di tingkat nasional nantinya,” harap Rusma Yul Anwar.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo, yang juga hadir dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa sebagai warga Pessel dia mengaku bangga karena salah satu anggota Paskibraka Nasional berasal dari daerah itu.

Disampaikan juga bahwa pada tahun 2021 ini ada sebanyak 68 siswa dan siswi dari 34 provinsi se Indonesia yang dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Pengukuhan itu dilakukan pada tangga 12 Agustus 2021 lalu di Istana Merdeka. Nah salah satunnya Flora Flesia, anak pasangan Anton Chaniago 62, dengan Gusyanti 52, warga Nagari Nanggalo, Kecamatan Koto XI Tarusan ini,” ucapnya.

Ditambahkan Hadi Susilo, selain bonus dari pemerintah daerah sebesar Rp 5 juta, Flora Flesia juga mendapatkan bonus dari Bank Nagari Cabang Painan Rp 1 juta, termasuk juga voucher dari Hotel Hannah Syariah Painan.

“Bahkan Komunitas Wisata Kuliner Pessel juga memberikan voucher, dengan total nilai mencapai Rp 5.150.000 pula setelah apel gabungan tadi, dan lainnya,” timpal Hadi.R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here