13 Karateka Kota Sawahlunto Raih Sabuk Hitam Gashuku di Bangkinang Riau

214

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Sebanyak 13 karateka perguruan Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) Kota Sawahlunto ikuti Gashuku. Kegiatan ujian tingkat sabuk hitam Dan I, II dan III ini digelar di Bangkinang Kabupaten Kampar Riau, 15 – 18 September 2021.

Sepuluh karateka peraih sabuk hitam DAN I adalah Khoirunnisa sarah, Noval Fadlurrohman faros, Naila Nahdah,.Andika Fauza, Briliant Gitraf Albari, Abbel Claudius Sohuwat, Feris Rahma, Atika Al hakim, Noval Khalil Aldeza dan Meza Novriyanti. Untuk DAN II karateka Rafika Yonsi dan Defri Ferdinan sedangkan DAN III diraih karateka Rahmayanti Rosa.

Pimpinan INKAI Kota Sawahlunto Januardi mengutarakan dari 13 kerateka ini sukses meraih sabuk hitam DAN I sebanyak 10 orang, DAN II sebanyak 2 orang dan 1 karateka DAN III.

“Kegiatan yang diikuti berjalan dengan baik dan dari keseluruhan karateka peserta ujian naik tingkat sabuk hitam ini, karateka Sawahlunto Khoirunnisa Sarah terpilih sebagai peserta terbaik DAN I,” kata Januardi Minggu (19/9/2021).

Dengan kenaikan tingkat ini, sebut Januardi sebagai capaian karateka dalam mengukuti tahapan latihan serta kesungguhan dalam menjalankan pelatihan sesuai tingkatan yang dilalui.

Suksesnya karateka Kota Sawahlunto mengikuti Gashuku dan kenaikan tingkat sabuk hitam ini sangat diapresiasi Ketua Federasi Karate-Do Olahraga Indonesia (FORKI) Iwan Kurniawan S.Sos. “Dengan suksesnya 13 karateka Inkai meraih DAN I, DAN II dan DAN III dapat memotovasi karateka lainnya untuk tetap semangat dalam berlatih,” sebut Iwan

Dia berharap kepada karateka tekun berlatih dan mengasah diri baik dibidang kata atau jurus maupun kumite atau tarung untuk meraih prestasi baik tingkat daerah maupun nasional

“Dengan bertambahnya karateka sabuk hitam juga tambah potensi karateka dalam mempersiapkan keterampilan serta prestasi kedepan,” harapnya.simamora)