Ayu Bony Dwi Fitha,.S.STP, M.Si Sri Kandi dari Koto VII, Perempuan Pertama Jadi Camat di Kabupaten Sijunjung

2937

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Birokrasi dilingkup Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat, ukir sejarah baru. Betepa tidak, untuk pertama kalinya Pemkab Sijunjung memposikan perempuan sebagai kepala wilayah/camat di daerah itu.

Tak percaya? Tengok saja, pada Jumat (24/9/2021) bersamaan dengan 322 pejabat esselon dua dan tiga, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, melantik dan mengambil sumpah jabatan Ayu Bony Dwi Fitha,.S.STP, M.Si sebagai Camat IV Nagari menggantikan Nasroel yang alih tugas sebagai Sekretaris di Dinas Koperindagkop Sijunjung.

Untuk diketahui, Sri Kandi asal Palaluar Koto VII itu sebelumnya menjabat sebagai Kabid Pemerintahan Nagari di Kantor DPMN Sijunjung sejak 2019 di era Bupati Yuswir Arifin.

Camat IV Nagari Ayu

Siapa Ayu Bony Dwi Fitha,.S.STP, M.S ?

Ia adalah anak pertama dari tiga bersaudara buah pasangan Veriyantoni dan Armafios yang lahir di Muaro pada 6 Nopember 1986 silam.

Wanita berzodiak Scorpio ini tak membayang bisa jadi Camat. Sebab, sejak awal ia bercita-cita sebagai Arsitek.

Pendidikan ditempuhnya mulai dari jenjang SD Guguak Dadok 1998, SMPN1 Muaro 2001 dan SMAN 1 Muaro 2004. Bahkan ia sempat kuliah di STIKes Foort Decoock jurusan keperawatan. Disaat ia kuliah ia juga sempat test IPDN Jatinongor dan ia dinyatakan lulus dan lalu ia menempuh pendidikan di IPDN Jatinogor dan tamat tahun 2009.

Atu dan Keluarga

Tak beberapa lama kemudian Ayu, begitu sapaan akrab istri dari Hendra Syafpriono Putra, S.IP itu ditempatkan sebagai staf di kantor Camat Koto VII. Pada tahun 2011, Ayu berhasil menamatkan pendidikan Pasca Sarjananya (S2) di Unand Padang.

Ibu dari dua anak ini juga pernah menjabat sebagai Kasi Bina Politik Kesbangpol, Kasi Perlindungan Masyarakat, Kasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Nagari BPMPN dan pada tahun 2019, Ayu dipercaya sebagai Kabid Pemerintahan Nagari DPMN dibawa pimpinan Khamsyardi, S.STP, M.Si.

Tepat pada Jumat (24/9/2021), Ayu dilantik Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si sebagai Camat IV Nagari. Prosesi pelantikan itu dilaksanakan di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

“Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada bapak Bupati Sijunjung yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada kami, selanjutnya sebagaimana tugas kami sebagai perpanjangan tangan bupati, kami akan menjalankan dan melanjutkan program-program sebagaimama visi dan misi Bupati Sijunjung,”kata Camat IV Nagari itu kepada Jurnalsumbar.Com, Senin (27/9/2021).

“Untuk mewujudkan itu semu, kami sangat berharap dan membutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak baik ditingkat kecamatan maupun dari pemerintahan nagari, agar seluruh program kerja dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang diharapkan kita bersama,”tambah Camat.ius