GOW dan DWP Pessel Lakukan Vaksinasi Bagi Ibu Hamil

88

JURNAL SUMBAR | Painan – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan Darmawanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pesisir Selatan, melaksanakan vaksinasi bagi ibu hamil, di gedung Painan Convention Centre (PCC), Kamis (23/9).

Pelaksanaan vaksinasi covid 19 bagi ibu hamil ini sekaligus pencanangan dimulainya vaksinasi bagi ibu hamil oleh Ketua GOW Pesisir Selatan, Ny. Ika Rudi Hariyansyah.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK, Ny.Titi Rusma Yul Anwar, Ketua DWP, Ny.Marlina Budianda, pengurus lainnya, serta Kepala Dinas Kesehatan Pessel.

Pelaksaaan vaksinasi juga ikut disaksikan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, kehadiran bupati memberikan semangat bagi ibu hamil untuk mengikuti vaksinasi.

Menurut Bupati Rusma Yul Anwar, keputusan pemerintah memperbolehkan vaksinasi covid 19 bagi ibu hamil, sebelumnya sudah melalui kajian yang mendalam oleh Kementerian kesehatan, untuk itu tidak usah ragu lagi dengan vaksinasi.

Dalam kesempatan itu, bupati mengajak peserta vaksinasi untuk ikut menginformasikan dan membagi pengalaman divaksin kepada ibu hamil lainnya.

Pelaksanaan vaksinasi menargetkan sebanyak 300 orang masyarakat umum dan 25 orang ibu hamil.

Dalam kesempatan itu,Ketua GOW, Ny. Ika Rudi Hariyansyah, mengemukakan, pencanangan vaksinasi ibu hamil dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan, Nomor; HK.02.01/2007/2021, tentang pelaksanaan vaksinasi covid bagi ibu hamil dengan usia kehamilan 13 sampai 34 minggu.

Selajutnya rekomendasi Komite Penasehat Imunisasi Nasional (ITAGI), serta SE Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, no 800/1543/DK-PS/IX/2021 tertanggal 23 September 2021.

” Berdasarkan hal itu vaksinasi bagi ibu hamil dinyatakan aman dan ibu hamil tidak perlu takut mengikuti vaksinasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, ketua GOW menghimbau para ibu hamil khususnya usia kehamilan 13 sampai 34 minggu untuk mengikuti vaksinasi. Selain itu Ny. Ika Rudi Haryiansyah, juga mengajak seluruh komponen masyarakat agar ikut mendukung pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil dengan melakukan sosialisasi pada masyarakat.

Menurutnya, ibu hamil termasuk kelompok yang rentan terserang virus covid 19, maka salah satu upaya untuk melindungi adalah dengan menjalani vaksinasi.

Sementara itu, Ketua TP PKK, Ny. Titi, Rusma Yul Anwar, mengatakan, vaksinasi covid 19 penting bagi keselamatan ibu dan anak yang dikandungnya.

Menurutnya, ibu hamil tidak usah ragu mengikuti vaksinasi karena sebelum divaksin dilakukan pemeriksaan atau sreening oleh dokter ahli kandungan.

Dalam kesempatan itu, Ny. Titi Rusma Yul Anwar, mengapresiasi kepada GOW Pessel yang menginisiasi kegiatan vaksinasi bagi ibu hamil.