Terapkan Prokes, PTM di SMAN 3 Batusangkar Berjalan Mulus

147

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Aktivitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di era Pandemi Covid- 19 yang dilaksanakan di SMA Negeri – 3 Batusangkar, sejak Senin( 16/8) berjalan mulus, dan sudah sesuai Standard operasional prosedur(SOP) yang ada di sekolah SMA N – 3 Batusangkar.

Demikian dijelaskan Kepala SMA Negeri 3 Batusangkar H Alfion S.Ag kepada awak media, Kamis (2/9) di ruang kerjanya SMA N – 3 , jalan Bukit Gombak ,Batusangkar.

SOP yang kita laksanakan, tutur Alfion, sudah mengacu kepada pedoman protokol kesehatan( Prokes),dan SK empat menteri yang ditetapkan pemerintah, dan In Sha Allah berjalan lancar.

PTM, sebut H Alfion, dilaksanakan dalam bentuk shift harian dengan pola shift A dan shift B secara bergantian setiap hari. Kalau biasa nya siswa belajar satu lokal 35 s.d 36 orang, dengan sistim shift harian, shift A hanya diisi 18 orang siswa, begitu juga pada shift B.

Sistim shift, seluruh siswa tidak perlu hadir ke sekolah setiap hari tetapi berdasarkan shift yang telah ditentukan.Bagi siswa yang tidak ikut PTM bisa belajar daring secara BDR ( Belajar dari rumah).

Prinsipnya, imbuh Alfion, siswa yang melaksanakan PTM di sekolah tetap diutamakan tanpa mengabaikan siswa yang melaksanakan BDR.Kita mengharapkan siswa yang melakukan PTM dan BDR sama-sama bisa menimba ilmu secara maksimal, dan berhasil.

Penerapan prokes, manajemen sekolah telah melaksanakan, setiap pagi akan masuk ruang sekolah, para siswa, pendidik dan tenaga kependidikan diharuskan memeriksa suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak dalam proses belajar mengajar.

Kemudian Peralatan untuk menunjang prokes, tekan H Alfion sudah kita siapkan, berupa ; wastafel, hand sanitizer, masker cadangan, thermogun dan penyemprotan disinfektan – habede