Jurusan Sosiologi Adakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi

198

JURNAL SUMBAR | Padang – Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang, mengadakan Workshop Penulisan Jurnal Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi, 22-24 Oktober 2021 lalu. Kegiatan ilmiah yang diadakan di Hotel Grand Bunda, Bukittinggi tersebut diikuti oleh seluruh staf pengajar Jurusan Sosiologi, FIS-UNP, perangkat pimpinan Jurusan, dan di-back-up oleh tenaga kependidikan jurusan Sosiologi.

Workshop menghadirkan dua ahli dan praktisi yang sudah berpengalaman meloloskan riset ilmiahnya di jurnal terindeks Scopus, yaitu Abror, S.E., M.E., Ph.D, serta Dr. Delmira Syafrini, M.A. Abror sehari-hari merupakan dosen di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP, alumnus Doktoral di University of Hull, Inggris, sekaligus Wakil Dekan II di Fakultas Ekonomi, UNP. Sementara Delmira Syafrini merupakan dosen tetap di Jurusan Sosiologi FIS-UNP, alumnus Doktoral di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Ada pun materi yang disampaikan oleh kedua narasumber merupakan dua topik yang sangat penting dan signifikan dalam membantu proses penulisan artikel karya ilmiah bereputasi internasional. Pada sesi pertama, Delmira menyampaikan kiat menulis artikel untuk publikasi di jurnal bereputasi dan ditutup dengan bedah draft/manuskrip artikel ilmiah. Sementara Abror mengulas mengenai Systematic Literature Review, yaitu fokus kepada bagaimana memetakan hasil penelitian sebidang dengan bidang penelitian dosen yang mengajukan artikelnya ke jurnal internasional sekaligus kiat menemukan novelty (kebaruan) di antara research-gap yang ada.

Ketua Jurusan Sosiologi, FIS, UNP, Dr. Eka Vidya Putra, M.Si, dalam sambutannya di sesi pembukaan acara mengatakan, Workshop ini merupakan bagian dari implementasi Hibah Bersaing Jurnal tingkat UNP yang Alhamdulillah jurusan Sosiologi termasuk paling banyak mendapatkan hibah, disebabkan kelima jurnal yang ada di Jurusan Sosiologi (Socious, Perspektif, Sikola, Abdi dan Culture and Society) lolos untuk mendapatkan hibah peningkatan kualitas dan kompetensi jurnal UNP 2021. “Untuk itu, mari kita manfaatkan kegiatan ini seoptimal mungkin, karena belum tentu di masa mendatang kita akan mendapatkan lagi dana hibah dan workshop seperti ini,” demikian Eka.

Sebagai informasi, wujud program kerja yang didanai oleh program hibah sudah berlangsung sejak beberapa bulan belakangan, melalui sejumlah kegiatan Webinar dan Workshop yang berkaitan dengan peningkatan kualitas dan kompetensi penulisan artikel jurnal bereputasi dan pengelolaan jurnal berbasis OJS generasi terbaru. Narasumber berasal dari para Dosen, Peneliti dan Praktisi yang sudah berpengalaman menulis artikel ilmiah bereputasi dan mengelola Jurnal bereputasi, baik dari dalam UNP maupun luar UNP. Menurut rencana, rangkaian kegiatan akan ditutup dengan Seminar Nasional berbasis Call of Paper di bulan November 2021 dan menghadirkan narasumber berskala internasional. Rel/MIG.agusmardi