Halius Hosen, Pensiunan Jaksa Yang Peduli Seni Budaya Minang

236

JURNAL SUMBAR | Padang – Diantara sederet tokoh yang tercatat sebagai Dewan Penasihat Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia(DPC PAPPRI) 2021-2026, nama Halius Hosen bisa di bold sebagai pensiunan kebanggaan Ranah Minang yang peduli dengan seni.

Halius Hosen yang sukses berkarir sebagai jaksa dimasa mudanya ini diminta sebagai dewan penasihan DPC PAPPRI Kota Padang kepada media ini, Rabu (27/10/2021) mengungkapkan beberapa hal.

Menurut mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatra Barat dan Jawa Barat ini, sebagai karya seni, musik pada hakikatnya tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Adalah hal yang sangat keliru bila keberadaan musik hendak dipisahkan dari bidang-bidang kehidupan manusia lainnya. Bahkan diyakininya bahwa musik memiliki kekuatan yang dapat berpengaruh terhadap sendi-sendi kehidupan manusia. Begitu pula musik sebagai bagian dari kebudayaan keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari nilai-nilai yang hidup di masyarakat bersangkutan.

“Pada dasarnya karya seni (musik) merupakan refleksi perasaan, pikiran, atau cerminan realitas sosial dari nilai-nilai kehidupan yang ada dalam masyarakat tersebut. Melalui musik ini pula kita dapat belajar tata nilai baik sosial-budaya, moralitas, spiritual, religius, maupun interaksi antarmanusia dalam kehidupan suatu masyarakat, bangsa atau negara,” paparnya.

Selanjutnya mengapa Halius Hosen mau menjadi penasihat DPD PAPPRI Kota Padang, Halius Hosen mengungkapkan dirinya memiliki kebanggaan tersendiri dengan seni budaya Minang sebagai wujud kecintaannya terhadap ranah Minang.

“Saya terpanggil untuk memenuhi ajakan pengurus karena kebanggaan saya terhadap seni budaya minang yang begitu hebat serta kebanggaan kepada Negeri kita tercinta ini,” ungkapnya.

Ditambahkan Halius, ia merasa prihatin akan kondisi para seniman sejak negeri ini di landa corona covid19, para seniman kena imbas luar biasa, tidak ada pekerjaan lebih dari 2 tahun dan bahkan saat PPKM, kehidupan musisi semakin sulit.

“Mudah-mudahan dengan keberadaan saya sebagai dewan penasihat DPC PAPPRI Kota Padang keinginan saya untuk melahirkan artis penyanyi yang berkualitas nasional, paling tidak lahir penyanyi setara Alm Uniang Elly Kasim,” harapnya.agusmardi