Menuju Program Adiwiyata Tingkat Nasional, Aplikasi Mengenal Sampah Diciptakan untuk Siswa SMA 1 Lengayang

200

JURNAL SUMBAR | Kambang – Program yang memudahkan dalam memilah sampah yang ada dilingkungan sekitar serta juga dapat sebagai media pembelajaran tentang sampah di sekolah telah diciptakan di SMAN 1 Lengayang setelah adanya Kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) dan Institut Teknologi Telkom Jakarta (ITTJ) yang bertema Artificial intelligence untuk sekolah Adiwiyata yang di adakan di SMA N 1 Lengayang, Sabtu (16/10/2021).

Kepala Selamat SMA N 1 Lengayang, Saruddin, S. Pd. menyampaikan bahwa Aplikasi kecerdasan buatan ini sangat bermanfaat untuk sekolah terutama untuk menyambut penilaian sekolah Adiwiyata untuk SMA N 1 Lengayang.

Apalagi pembicara Tri Ginanjar Laksana, S. Kom., M. Kom, MCS memberikan materi tentang pentingnya AI dalam kehidupan sehari hari, pada sesi pertama ini juga diadakan quiz untuk siswa yang hadir dengan hadiah total Rp. 300.000 dalam bentuk pulsa.

Selanjutnya Apri Junaidi, S. Kom., M. Kom,. MCS sebagai pembicara ketiga menyampaikan tema tentang AI di sekolah dengan didemokan sebuah Aplikasi Android yang sudah ditanamkan kecerdasan buatan untuk mengenal sampah seperti Organik, sampah Anorganik dan Sampah B3.
Aplikasi yang dibuat khusus oleh tim dosen dari ITTP dan IITJ untuk SMA N 1 Lengayang dengan nama Lengayang AI.

Apri Junaidi menambahkan aplikasi dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam memilah sampah yang ada dilingkungan sekitar serta juga dapat sebagai media pembelajaran tentang sampah di sekolah.

Sebelumnya Ade Rahmat Iskandar, S. Kom., MT menyampaikan peran dosen dalam pengabdian Kepada masyarakat untuk memberikan materi atau Teknologi yang dapat membantu masyarakat.agusmardi