Bupati Eka Berlapang Dada, Tanah Datar Kembali Bertekad Rebut Juara Umum MTQ

106

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke – 39 di kota Padangpanjang usai, moment dua tahunan itu,Jumat (19/11) sore ditutup wakil guernur Sumbar Audy Joinaldy dalam suatu upacara di Lapangan Bancahlaweh, Kota Serambih Mekkah Padangpanjang.

Sementara , sebelumnya Kafilah MTQ Tanah Datar Luhak Nan Tuo digadang-gadang akan mampu mempertahankan Prediket Juara umum yang diraih di kota Solok tahun 2019 lalu, ternyata buyar.Juara umum di era ini direbut Kafilah MTQ kota padang.

Dalam realisaainya, juara umum MTQ ke – 38 yang bercokol selama dua tahun di daerah Tuanku Luhak Tanah Datar itu terlepas, kembali direbut Kafilah kota Padang.Jadilah Kafilah kota Padang Juara Umum MTQ tingkat Sumbar ke – 39 yang bakal dimusabaqahkan tahun 2023 mendatang.

Untuk mempertahankan predikat juara Umum, tekan Ketua II Lembaga pengembangan Tilawatil Quran
( LPTQ) kabupaten Tanah Datar Buya Afrizon S,Ag , Kafilah Tanah Datar sudah berjuang sekuat tenaga dari persiapan sampai detik- detik musabaqah.

Orang bijak mengatakan, imbuh Buya Afrizon, merebut sesuatu itu sulit tetapi Mempetahankan jauh lebih sulit, tetapi paling tidak kita sudah pernah mengukir sejarah, pada MTQ ke – 38 dua tahun lalu, kita lah satu-satunya kabupaten diluar kota Padang yang mampu mengalihkan Trophy juara umum ke daerah. Mengingat kesungguhan dan perjuangan anak-anak kita,kita bertekad dua tahun akan datang Juara Umum akan kita rebut kembali.

Dikatakan Buya Afrizon, setelah hasil MTQ kita laporkan kepada kepala daerah Bapak Eka Putra, beliau sudah tahu dan bisa memahami, serta menerima dengan lapang dada.Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia, dan seluruh kafilah MTQ Tanah Datar, tidak perlu kecewa dan merasa cemas, sebut bupati Eka.

Menyinggung perjuangan kafilah Tanah Datar, menurut Buya Afrizon telah melaksanakan upaya kerja keras semaksimal mungkin dengan hasil yang diperoleh menjadi finalis di 20 cabang final dengan 26 orang finalis.

26 orang yang masuk final mencakup, cabang-cabang lomba; Tartil Dasar Putra, Tartil Dasar Putri, Fahmil Qur’an Putri, Syarhil Quran Putra, Syahril Quran Putri, Qiraat Wujawwad Dewasa (Pi), Qiraat Muratal Dewasa (Pa), Tafsir Bahasa Indonesia (Pi), dan Tafsir Bahasa Inggris putra.

Seterusnya, Tafsir Bahasa Inggris (Pi), Tilawah Anak-anak (Pi), Tilawah Canet (Pi), Tilawah Dewasa (Pa), Tilawah Dewasa (Pi), Bintang Qasidah Anak (Pi), Bintang Qasidah Remaja (Pa), Hifzil 1 Juz Tilawah (Pi), Hifzil 5 Juz Tilawah (Pi), Khat Nakshi (Pi), dan Khat Kontenporer (Pi).

Hasil lengkap 10 besar kafilah juara MTQ ke – 39 tingkat Sumbar adalah sebagai berikut ; Juara Umum kafilah Kota Padang,Juara 2 kafilah Tanah Datar, peringkat 3 Kota Pariaman, Kabupaten Pasamanperingkat 4, Agam per8ngkatm 5, Padang Pariaman 6, Padang Panjang 7, Bukittinggi peringkat 8, Pasaman Barat peringkat 9, serta peringkat 10 diebut Kota Solok dan Kota Payakumbuh – habede.