Datuak Putiah Dilewakan, Bupati RA: Niniak Mamak Punya Peran Vital

85

JURNAL SUMBAR | Pessel – Di tengah kemajuan teknologi yang makin pesat, nilai-nilai kekeluargaan, sosial dan kemasyarakat kian terkikis. Bahkan nilai-nilai budaya dan etika juga memudar. Untuk, itu revitalisasi fungsi dan peran niniak mamak perlu terus digelorakan.

Demikian pesan Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Sahli Bupati, Wendi, saat pelewaan gala adat kepada Hendrizal SP, Datuak Putiah, di Bungo Pasang, Salido, Sabtu, (20/11).

Bupati mengapresiasi peran ninik mamak selama ini yang turut aktif menjaga nilai-nilai adat budaya dan moralitas anak kemenakan.

“Pemerintah tak sanggup mengerjakan sendiri, maka peran ninik mamak tentu terus ditunggu”. Tukuknya.

Walau menurut Bupati, Pemda karena keterbatasan anggaran belum mampu memberikan kontribusi ya ng maksimal bagi operasional KAN, namun atensi itu akan terus ditingkatkan.

“Melalaui program dan kegiatan kabupaten maupun bantuan melalui dana nagari, perhatian itu akan terus ditingkatkan” sebutnya.

Selanjutnya, Bupati berpesan kepada Pucuk Adat dan Bundo Kanduang untuk berlapang hati, karena beratnya amanah yang dipikul.

“Tak ada jadwal dalam mengurus anak kemenakan, kapan dan bila saja dibutuhkan” tutupnya.

Pelewaan gala adat kepada Hendrizal, S.P dengan sebutan Datuak Putiah di kebesaran Suku Tanjuang Bungo Pasang Salido berlangsung meriah dan hikmat. Enye