Polisi Daerah Riau Sikat Anak Jenderal Diduga Terlibat Pembalakan Liar, Mabes Polri Turunkan Bantuan

390

Sebanyak 10 ton lebih kayu pembalakan liar atau jarahan komplotan praktik mafia kayu di Riau diamankan Tim Polda Riau. (Foto:Antara/ HO-Humas Polda Riau).

JURNAL SUMBAR | Pekanbaru – Polda Riau mendapatkan bantuan satu unit helikopter dari Mabes Polri untuk memperkuat patroli udara guna mengatasi pembalakan liar atau illegal logging di provinsi itu.

Bantuan itu dikirimkan Mabes Polri setelah jajaran Polda Riau berhasil menangkap sejumlah pelaku illegal logging di sejumlah wilayah di wilayah hukumnya.

“Satu unit helikopter dari Mabes Polri tersebut akan digunakan untuk memantau aktifitas illegal logging yang ada di wilayah Riau melalui jalur udara,” kata Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi di Pekanbaru, Jumat (19/11/2021).

Irjen Agung meyakini helikopter bantuan dari Baharkam Mabes Polri yang sudah tiba di Riau, itu akan sangat membantu jajarannya memonitor pembalakan liar dari udara

Helikopter itu telah dioperasikan mulai Jumat (19/11/2021). Perkembangan pemantauan dari udara tersebut akan diinformasikan kepada satgas darat untuk dilakukan tindakan kepolisian. Polda Riau juga bekerja sama dengan BBKSDA Riau dan Dinas Kehutanan untuk melakukan langkah-langkah konkret terkait penataan kembali lahan hutan yang sudah dirambah oleh para pelaku kejahatan kehutanan.

Jenderal bintang dua itu berharap operasi tersebut menjadi pembelajaran bahwa hutan yang harus dilindungi, karena wilayah hutan ada yang dialih fungsikan untuk lahan produksi dan itu sudah dimanfaatkan oleh masyarakat.

Menurut Irjen Agung, sejauh ini jajarannya telah menangkap empat perambah hutan liar dari sejumlah wilayah Riau, seperti di Bengkalis dan Rokan Hilir. Sebanyak 2.319 kubik kayu turut diamankan.

Polisi juga masih mengejar komplotan pelaku yang belum tertangkap. “Ada 4 orang diamankan, sementara 6 pelaku lainnya melarikan diri saat ini masih dilakukan pengejaran,” tandas Irjen Agung Setya.

Sebelumnya, Tim Direktorat Kriminal Khusus Polda Riau membongkar mafia pembalakan kayu liar di hutan lindung daerah Giam Siak Kecil di Bengkalis. Irjen Agung Setya mengatakan bahwa di lokasi tim menemukan kegiatan pemuatan kayu log di tepi Sungai Siak Kecil.

“Diperoleh keterangan bahwa pemiliknya adalah Mat Ari alias Anak Jenderal, yang kemudian diamankan,” kata Irjen Agung dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu (17/11/2021) lalu.

Pembalakan hutan juga terjadi dikawasan hutan Sumatera Barat. Seperti di Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Sijunjung dan Dharmasraya, hutan dijarah. Tiap hari cinsaw meraung membabat hutan yang dulunyan perawan kini sudah gundul. Bahkan puluhan sawmill berdiri bak cendawan tumbuh. sumber antara/jpnn/*