DPRD Kota Sawahlunto Kembali Ingatkan Agar Proses Pelelangan Pekerjaan Hendaknya Diawal Tahun

299

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – DPRD Kota Sawahlunto mengingatkan pemerintah daerah proses pelelangan pekerjaan agar dilaksanakan diawal tahun anggaran. Karena diyakini dengan lebih awal dilakukan pelelangan, pelaksanaan pekerjaan lebih memiliki waktu dan selesai sebelum akhir tahun anggaran.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Sawahlunto Iwan Kurniawan menyatakan bahwa proses pelelangan diawal tahun sangat wajar, karena proses APBD sudah dilakukan pengesahan di akhir tahun lalu. Maka di awal tahun anggaran ini sudah dapat dimulai tahapan dan langkah dalam pelelangan pekerjaan.

“Dengan lebih awal dilakukan pelelangan pekerjaan terlebih pada proyek yang memiliki masa hari pelaksanaan atau pekerjaan konstruksi struktur akan lebih panjang masa tenggat apabila perlu peningkatan atau perbaikan,“ sebut Iwan Kamis (13/1/2021)

Politisi partai Demokrat itu menambahkan, kalau memulai proses pelelangan sudah dipertengahan tahun maka dalam proses menyelesaikan pekerjaan diakhir tahun yang sarat dengan kondisi material dan cuaca yang kurang baik, tentu hasilnya akan kurang baik pula.

Kondisi inilah yang sering terjadi dan saat Komisi III turun ke lapangan meninjau pekerjaan infrastruktur tahun anggaran 2021 lalu disamping, rekanan yang bekerja penawarannya terlalu rendah.

“Hampir setiap pekerjaan yang dilelang bahkan berskala besar diakhir tahun bermasalah dan kualitasnya buruk, karena terkejar tutup masa tahun anggaran, bahkan sebagian dikenakan benda keterlambatan,” ungkapnya.

Terkait evaluasi pekerjaan tahun anggaran 2021 lalu, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Sawahlunto Rio Mardanil menjelaskan secara kelembagaan DPRD kota ini akan melakukan rapat bersama mitra dalam pekerjaan insfrastruktur dikota ini sebagai fungsi pengawasan.

Politisi Partai NasDem itu menambahkan seluruh OPD yang terkait, disamping dinas PUPR juga akan diundang BPBD, dinas Dinas Perumahan Kebersihan Pemukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) dan bidang Administrasi Pembangunan Setdako

“Tak hanya evaluasi kegiatan tahun lalu, namun bagaimana menyikapinya dalam pekerjaan tahun anggaran 2022 ini agar lebih baik lagi,”jelasnya. simamora