Mukernas I PKPS Usai, Wabup Pessel: Kembalilah Para Walinagari Membangun Silaturahmi kepada Perantau

268

JURNAL SUMBAR | Painan – Masyarakat Pesisir Selatan yang terkoordinir diperantauan organisasinya di era digital ini adalah Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS), sehingga rasa kekeluargaan dirantau terus diperkuat, untuk berkontribusi ke kampung halaman.

Keinginan tersebut menjadi harapan Wakil Bupati Pessel Rudi Iriansyah, Sabtu (29/1/2022) di saat berlangsungnya Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) pertama PKPS di Painan Convention Center (PCC), Jl H Agus Salim.

Wabup Rudi Iriansyah berharap agar peran perantau terhadap pembangunan di nagari-nagari di Pessel dapat diwujudkan, diantaranya para Walinagari tidak bosan-bosanya mengajak para perantau dalam perbaikan fasilitas umum seperti mesjid, sumber air bersih, lapangan sepak bola dan sebagainya.

“Para perantau Rang Pasisi yang bergabung dalam organisasi PKPS dapat memberi perhatian lebih besar lagi demi kemajuan Pessel, jika para Walinagari pandai-pandai membangun komunikasi dengan para perantau, maka diyakini akan menjadi kekuatan besar bagi kenagarian di Pessel untuk melakukan lompatan pembangunan,” ujar Wabup Rudi yang juga Ketua DPD PAN Pessel itu.

Dalam kesempatan Mukernas I PKPS tersebut, Ketua Umum DPP PKPS, Zulhendri Chaniago mengungkapkan, saat ini terdapat sebanyak 16 DPW PKPS yang solid terkoordinir dengan baik. Ke-16 DPW se-Indonesia itu hadir mengikuti Mukernas dari awal hingga akhir.agusmardi