Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022, Waaw.. Nagari Silokek Sijunjung Masuk 100 Besar, Ini Laporannya

252

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam pergelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), masuk peringkat 100 besar.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Sijunjung, Afrineldi,SH, menyebut pada tahun 2021, Nagari Silokek juga menembus posisi 100 besar dalam ADWI yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kadis Parpora Sijunjung, Afrineldi

“Alhamdulillah, berturut-turut dua tahun terakhir pada 2021 dan 2022, Nagari Silokek masuk 100 besar dalam ADWI tersebut,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (25/4/2022).

Ia berharap, Nagari Silokek bisa terus bertahan dalam pergelaran tersebut dan bisa tembus pada posisi 50 besar.

“Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Sijunjung, agar Nagari Silokek bisa masuk dalam 50 besar dan nantinya juga menjadi desa wisata Indonesia posisi 5 besar nasional,” ujar Afrineldi.

Dikatakannya, pada penilaian 500 besar ADWI 2022, Kabupaten Sijunjung mencatatkan 7 desa wisata dalam pergelaran tersebut.

Diantaranya, Desa Wisata Puncak Caning Bukit Bual, Desa Wisata Nagari Kumanis, Desa Wisata Sumpur Kudus, Desa Wisata Kunangan Parik Rantang.

Sijunjung

Selanjutnya, Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Desa Wisata Silokek dan Desa Wisata Kamang.

“Hal ini merupakan salah satu hasil dari upaya kami bersama masyarakat Sijunjung dengan program yang sudah kami gagas sebelumnya yaitu one village one destination,” tutur Kadisparpora Sijunjung itu.

Kata Afrineldi, pihaknya akan terus meningkatkan upaya untuk terus mempertahankan dan meningkatkan sektor wisata yang ada di Kabupaten Sijunjung, sehingga dapat dikenal oleh para wisatawan dari berbagai daerah.hfz