Pemkab Sijunjung dan BPNB Sumbar Gelar Festival Matrilineal di Perkampungan Adat

462

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung bersama Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat (Sumbar), melaksanakan Festival Matrilineal Sumbar tahun 2022.

Festival tersebut dilaksanakan di Perkampungan Adat, Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, pada tanggal 23-30 Juli 2022.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menyebut, Festival Matrilineal merupakan identitas dari Minangkabau, karena hanya sedikit di dunia yang menganut garis keturunan melalui ibu.

“Pelaksanaan festival kali ini, akan berperan dalam pemulihan ekonomi masyarakat Sijunjung, pasca masa pandemi Covid-19, melalui pariwisata,” ungkapnya kepada MC Sijunjung saat menghadiri prosesi Bakaua Adat Nagari Sijunjung, Senin (25/7/2022).

Ia menjelaskan, Festival Matrilineal akan diadakan setiap tahunnya di Perkampungan Adat, Nagari Sijunjung, untuk itu menjadi daya tarik wisatawan tersendiri.

“Kami berharap dengan kebudayaan Minangkabau yang masih terjaga disini, Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, bisa menjadi lorong waktu bagi wisatawan untuk melihat budaya Minangkabau,” ujar Benny.

Dikatakannya, publikasi tetang Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, harus lebih ditingkatkan hingga dikenal oleh wisatawan dari berbagai daerah.

“Kami dibantu oleh kementerian dan pihak provinsi, kan bertekad menjadikan Perkampungan Adat sebagai destinasi wisata unggulan Sumbar, terkhusus Kabupaten Sijunjung,” tutupnya. (Dicko)