Berprestasi Nasional, Guru dan Siswa MTsN 2 Sawahlunto Melaju Ke Internasional

287

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Untuk kali kesekian, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Sawahlunto kembali tunjukkan prestasi Nasional dan melaju ke tingkat Internasional.
Tak tanggung-tanggung, tidak hanya siswa, Guru Bahasa Arab madrasah terkait, Asmaridho Efendi pun turut kebagian.

Setelah bersaing se-Indonesia dalam program Naatiq Internasional Arabiyyah, Ia bersama tujuh orang guru lainnya berhasil lolos mewakili Indonesia mengajar di tiga Negara yakni Singapura, Malaysia dan Thailand dari tanggal 21 September – 11 Oktober 2022.

“Awalnya saya kurang percaya karena bersaing dengan guru-guru tsanawiyah se-Indonesia mayoritas tamatan gontor, sedangkan saya tamatan UIN,” ujarnya didampingi Kepala MTsN 2 Sawahlunto Tatis Arni saat menemui Kakankemenag Dedi Wandra di ruang kerjanya, Selasa (30/8).
Menurut rencana, Asmaridho akan bertolak ke Negara tujuan tanggal 19 September besok bersama rekannya yang lain.

“Modul yang akan saya sampaikan nanti di sekolah setingkat MTs/SMP di Negara tetangga tentang Muhaddasah,” pungkasnya.

Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto Dedi Wandra mengucapkan selamat dan apresiasi kepada bersangkutan atas prestasi yang diraih.
“Manfaatkan peluang ini, jaga nama baik pribadi, lembaga dan bangsa saat berada di sana nanti,” ucap Kakankemenag Dedi.

Di tempat yang sama, Kepala MTsN 2 Sawahlunto Tatis Arni mengungkapkan, sebanyak 4 tim Madrasah Young Researchers Supercamp (Myres) MTsN 2 Sawahlunto lolos tingkat Nasional dan diundang mengikuti ajang yang sama tingkat Asean.

Myres adalah sebuah lomba karya tulis ilmiah yang diperuntukkan siswa madrasah berbasis riset bagi siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Adapun proposal Myres yang akan mereka presentasikan di Asean nanti 3 diantaranya kategori ilmu sosial dan satu proposal kategori bidang ilmu keagamaan islam.rj phm/rilis