Empat Tahun Kepemimpinan Deri Asta di Sawahlunto, Ini yang Dilakukannya

300

Deri Asta dan Zohirin Sayuti saat dilantik sebagai Walikota-Wakil Walikota Sawahlunto

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Tepat pada 17 September 2018, pasangan Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto, Deri Asta – Zohirin Sayuti resmi menjadi pimpinan baru bagi masyarakat Kota Sawahlunto. Pada saat itu, Deri dan Zohirin dilantik oleh Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, di Padang.

Artinya, pada 17 September 2022 mendatang, Deri Asta dan Zohirin Sayuti sudah empat tahun menakhodai masyarakat Kota “Kuali” Sawahlunto itu.

Selama empat tahun mengabdi, banyak yang telah dilakukannya. Diantaranya mensikronisasikan antara visi dan misi walikota dengan visi dan misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan itu agar bisa sejalan sampai ke pusat, dan mampu menggali potensi daerah. Setidaknya itu harapan Gubernur Sumbar kala itu.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta

Selain itu, Deri juga melakukan upaya meningkatkan rasa aman dan kepastian hukum bagi investor.

Walikota Sawahlunto Deri Asta saat diwawancarai, Saptarius, Pemimpin Redaksi Jurnalsumbar.Com.

“Dan sektor swasta perlu diperhatikan sehingga aktivitas ekonomi meningkat dan menjadi dwitunggal dengan memperkuat dan melengkapi konsolidasi politik yang efektif dan iklim kerja yang kondusif,”kata Deri dalam rangkuman Bincang Tokoh: Satu Jam Bersama Walikota Sawahlunto yang dipandu Saptarius Pemred Jurnalsumbar.Com, Kamis (11/8/2022) di ruang kerjanya.

Tak bisa dipungkiri dan itu harus diakui, banyak yang telah diperbuat Deri Asti – Zohiri Sayuti saat ini. Mulai soal Agama, Pendidikan, hingga soal pertanian, ekonomi dan pemukiman menjadi perhatian khusus dalam visi-misinya.

Sebab, usai ia dilantik, Walikota Sawahlunto Deri Asta menyatakan siap menjalankan amanah dengan mengusung visi pemerintahan yang akan mewujudkan Sawahlunto sebagai kota wisata yang kreatif, inovatif, unggul, bermartabat, berkeadilan dan sejahtera. Dan itu terbukti.

“Kami akan lebih memprioritaskan, peningkatkan ekonomi masyarakat, serta tingkat kesehatan masyarakat dan pendidikan. Terlebih, melihat pertumbuhan ekonomi masyarakat kala itu mengalami perlambatan. Nah, untuk itu, dalam empat tahun terakhir ini kami telah membuktikan dalam peningkatan sisi usaha ekonomi kerakyatan dan lainnya termasuk soal kerajinan songket Silungkang yang telah mendunia,” ujarnya.

Anda penasaran? Lengkapnya, simak saja video diatas, Satu Jam Bersama Walikota Sawahlunto yang dikupas Saptarius Wartawan Utama (Pemimpin Redaksi Jurnalsumbar.Com). raysa qurata aini-caca