Hidupkan Api Tungku Pangek Lapuak, Cara Bupati Eka Putra Buka Festival Pesona Nagari Barulak

205

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Festival Pesona Barulak, Sabtu (25/9) dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra ditandai dengan menghidupkan Api Tungku Pangek Lapuak di pasar Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Tanah Datar.

Pada keswmpatan itu, bupati Eka menyebutkan Festival Pesona Barulak ini merupakan  prosesi pengembalian sejarah dengan peletakan batu balai barundiang suku.Dan  sejarah yang lama hilang dan dibangkitkan kembali, salah satu tujuan Progul untuk menjadi pembelajaran bagi anak cucu dan generasi muda di Nagari setempat.

Dikatakan, tujuan lain dari Progul adalah menggairahkan dan menghidupkan lagi sektor pariwisata di nagari, baik itu pariwisata adat, budaya ataupun wisata alam, menggerakkan perekonomian masyarakat melalui produk UMKM yang ada di nagari,serta memacu sanggar seni dan budaya untuk aktif,” sampai Eka.

Dalam pelaksanaan kegiatan untuk mendukung progul ini, ungkap Eka, juga mampu memupuk rasa kebersamaan seluruh elemen masyarakat yang ada di nagari untuk turut menyukseskan event yang diangkat dan ditampilkan.

Dengan adanya  kerjasama semua pihak Nagari Barulak, mulai dari Pemerintah Nagari, BPRN, KAN, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Pemuda, Bundo Kanduang, perantau dan seluruh lapisan masyarakat serta OPD terkait bersama tim Kurator, maka Eka mengucapkan terima kasih dan apresiasi dalam  menyukseskan kegiatan festival  sebagai bentuk dukungan terhadap Progul Satu Nagari.

Nagari Barulak, ujar Eka, memiliki beberapa keunggulan serta potensi pariwisata dan ekonomi kreatif dan pintu masuk masyarakat luar ke Tanah Datar yang memiliki kekayaan kuliner pangek ikan lapuak, punya produk UMKM Sangkar Burung, juga ada pengobatan patah tulang serta memiliki agro wisata Boncah Raya yang sudah populer ke mana-mana.

Turut memberikan kata sambutan dalam Aktivitas pembukaan Festival Pesona Barulak yang cukup semarak itu,  Ketua Pelaksana F. Dt. Mangiang Sati, Wali Nagari Barulak M. Dt. Bandaro Bodi sekaligus

dihadiri Bupati periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadiqoe, Anggota DPRD Tanah Datar, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, LKAAM Tanah Datar , Kepala OPD Kabupaten Tanah Datar, pem7ka maayarakat dan undangan – habede