BPP IV Nagari Sijunjung Goes To School SDN 4 Mundam Sakti

142

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan IV Nagari Adpi Gunawan, SST melakukan Goes To School SDN 4 Mundam Sakti pada Jumat (28/10/2022).

BPP Goes To School SDN 4 Mundam Sakti hari ini diisi dengan kegiatan penanaman perdana Pisang Ameh Pasaman di lahan sekolah.

Kepala Sekolah SDN 4 Mundam Sakti Rokayah, S.Pd bersama majelis guru sangat antusias mengikuti penanaman Pisang Ameh Pasaman ini, terbukti dengan telah tersedianya sebanyak 50 lobang tanam yang dilakukan secara bergotong-royong oleh wali murid.

“Terimakasih kepada Ibuk Kepsek bersama seluruh majelis guru yang memiliki kepedulian terhadap ketahanan pangan dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami pisang serta sayur-sayuran” demikian Adpi Gunawan, SST menyampaikan sambutannya.

Penanaman Pisang Ameh Pasaman kali ini terbilang istimewa, karena bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Pisang Ameh Pasaman pertama kali ditanam pada lahan kaji terap yang berlokasi di BPP Kecamatan Nagari pada 28 Juni 2021.

Benih Pisang Ameh Pasaman pada lahan kaji terap tersebut merupakan bantuan dari Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt.

Pisang Ameh Pasaman adalah varietas unggul nasional berdasarkan Kepmentan Nomor: 302/Kpts/SR.120/5/2007 pada tanggal 8 Mei 2007.

Setelah dinyatakan layak berdasarkan hasil kaji terap maka selanjutnya Pisang Ameh Pasaman dikembangkan di Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung.

Pisang Ameh Pasaman memiliki keunggulan ukuran buah kecil, dan pada saat matang berwarna kuning emas.

Kemudian rasanya manis legit, nyaris tanpa air, ujung buah tetap hijau meskipun telah matang, buah tidak mudah rontok dari sisirnya serta tahan simpan.

BPP Goes To School ini merupakan tindak lanjut daripada MoU yang telah ditandatangani beberapa waktu yang lalu.

Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari pada kesempatan ini didampingi oleh PPL Mundam Sakti Ichsanul Qhaffar, A.Md, staff Demplot Rizki Romansyah dan Staffsus Rosi Praktika, SP. (Gun)