Gantikan Irjen Teddy Minahasa, Kapolri Tunjuk Irjen Rusdi Hartono Jadi Kapolda Sumbar

457

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap Kapolda Sumatera Barat. Sigit menunjuk Irjen Rusdi Hartono menggantikan Irjen Teddy Minahasa.

Mutasi jabatan tersebut tertera dalam Surat Telegram Nomor: ST/2134/X/KEP/2022 dan dikonfirmasi oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Dia menyebut mutasi dilakukan sebagai bagian tour of duty dan tour of area.
“Ya betul mas tour of duty dan tour area,” kata Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi mengenai Surat Telegram tersebut, Senin (10/10/2022).

Dedi menekankan mutasi merupakan hal yang biasa terjadi di institusi Polri. “Mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” ujarnya.

Berdasarkan surat telegram tersebut, jabatan Kapolda Sumatera Barat kini diemban oleh Irjen Rusdi Hartono. Dia sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Sespim Lemdiklat Polri.

Sementara itu, pejabat sebelumnya, Irjen Teddy Minahasa menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur menggantikan Irjen Nico Afinta yang kini mengemban jabatan baru sebagai Sahslisosbud Kapolri.

Irjen. Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si. adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 10 Oktober 2022 mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat. Rusdi, lulusan Akpol 1991 ini berpengalaman dalam bidang lantas. Jabatan terakhir jenderal bintang dua kelahiran: 27 April 1969 (usia 53 tahun) ini adalah Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. *