Raih Anugrah, Pemkab Sijunjung Gandeng BCA Kembangkan Destinasi Wisata Silokek

164

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Usai meraih penghargaan anugerah desa wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nagari Silokek akan menjadi destinasi wisata prioritas yang akan dikembangkan oleh Bank Central Asia (BCA).

Setidaknya terdapat dua nagari atau desa binaan BCA yang ada di Provinsi Sumbar, diantaranya Kabupaten Tanah Datar dan Nagari Silokek yang ada di Kabupaten Sijunjung yang mendapat prioritas.

Selaku desa binaan BCA sejak tahun 2017 lalu, hingga keluar sebagai pemenang dengan meraih harapan I pada ajang anugerah desa wisata, Nagari Silokek kini mendapat berbagai program bantuan pengembangan wisata dari BCA.

Hal itu disampaikan langsung oleh Komisaris BCA, Crillus Harinowo didampingi Ira Bachtar selaku Vice President saat mengunjungi Rest Area Geopark Silokek pada Minggu (13/11). Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa dan jajaran OPD di Pemkab Sijunjung.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa mengapresiasi program BCA yang selama ini telah mendukung pengembangan wisata Nagari Silokek dan menjadi desa binaan BCA. “Nagari Silokek berhasil meraih anugerah desa wisata dari kementrian, tentu saja itu semua tidak terlepas dari program yang telah diterapkan BCA selama ini,” tuturnya.

Benny berharap hubungan dan kerjasama yang sudah terbangun tetap terjaga kedepannya. “Kita siap jika ada program strategis untuk pembangunan dan pengembangan daerah wisata dari BCA untuk Sijunjung, dan kita sangat apresiasi itu,” ujar Benny.

Sementara, Komisaris BCA, Crillus Harinowo didampingi Ira Bachtar selaku Vice President mengatakan, Nagari Silokek menjadi desa binaan BCA telah dimulai sejak 2017 lalu. “Selama ini kerjasama tersebut berjalan dengan baik. Kita juga sudah menerapkan beberapa program untuk pengembangan wisata di Nagari Silokek,” terangnya.

Menurutnya, Silokek memiliki potensi yang luar biasa. “Kita yakin Silokek ini akan menjadi destinasi wisata unggulan. Sebagai pemenang, Silokek akan dapat pelatihan tambahan dan bantuan infrastrukur serta program pengembangan wisata lainnya,” ungkapnya.

Dikatakan, kunjungan tersebut merupakan peninjauan langsung dan silaturahmi antara pimpinan BCA dan Pemkab Sijunjung. “Jadi ada penambahan program pengembangan yang akan kita berikan untuk Silokek ini. Rencana pada tahun 2023 mendatang sudah bisa kita terapkan,” paparnya.

Selain pelatihan tambahan bagi Pokdarwis Silokek, BCA juga akan membantu pengembangan promosi wisata serta pembangunan infrastruktur pendukung lainnya di Silokek. (Dicko)