Baznas Sijunjung Lounching Penyaluran Rp2,5 M Dana Zakat Program Sijunjung Peduli Tahun 2022

196

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bertempat di Balerong Lansek Manih di Muaro Sijunjung Baznas Kabupaten Sijunjung melaksanakan Luonching penyaluran 2,5 M dana zakat program Sijunjung Peduli tahun 2022 pada hari Jum’at 23 Desember 2022.

Lounching dana zakat yang cukup besar itu dilakukan secara resmi oleh Bupati Sijunjung Benny Dwipa Yuswir, S.STP.M.SI. di tandai dengan penyerahan secara simbolis dana zakat kepada mustahik penerima zakat tersebut.

Bupati Benny Dwipa Yuswir dalam sambutannya menyampaikan antara lain bahwa tahun ini Baznas Sijunjung benar benar telah melihat kerja nyatanya dalam menggelola zakat di kabupaten Sijunjung terbukti hari ini Baznas Sijunjung menyalurkan zakat yang cukup besar sebesar 2,5 M.

Dalam tahun ini Baznas Sijunjung telah melaksanakan kegiatan dengan berkolaborasi dengan Pemda Sijunjung melalui dinas terkait, sehingga Pemda Sijunjung sangat merasa terbantu dalam membantu meringankan beban berat masyarakat Kabupaten Sijunjung dalam suasana ekonomi sulit saat ini.

Sehubungan dengan hal itu Bupati Benny minta segala pihak yang ada di kabupaten Sijunjung agar meningkatkan dan menyerahkan Zakat, Imfak sedekah ( ZIS) nya untuk dikelola oleh Baznas Kabupaten Sijunjung.

Sementara kepada Mustahik penerima zakat Bupati Benny minta agar mensyukuri penerimaan zakat tersebut dan sekaligus mendo’akan para Muzaki ( pembayar ZIS) diberkahi hidupnya dan di tambah tambah reskinya.

Sebelumnya telah menyampaikan laporan Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung H.Hidayatullah, Lc.MA. bahwa 2,5 M dana zakat yang disalurkan ini terdiri dari Santunan biaya hidup mustahik sebesar 1 M, dimana para mustahik menerima melalui UPZ OPD, UPZ Kecamatan dan UPZ nagari sekabupaten Sijunjung.

Biaya pendidikan yang di usulkan oleh UPZ Dinas Pendidikan , UPZ Korwil Pendidikan dan UPZ Kemenag telah disalurkan langsung kepada Mustahik pendidikan se Kabupaten Sijunjung melalui Rekening Mustahik ( SD SLTP dan SLTA serta tenaga pendidik) di BRI ataupun Bank Nagari dan bagi tidak memiliki rekening langsung di antarkan kepada Mustahik di Sekolah- sekolah dengan total dana sebesar Rp. 1.072.600.000,-

Selanjutnya di serahkan juga dana zakat untuk pembangunan rumah layak huni ( PRLH) kepada 20 orang mustahik yang tersebar di nagar nagari se Kabupaten Sijunjung senilai Rp. 489 juta.

Untuk pemberdayaan ekonomi Mustahik sebesar Rp. 35 Juta, berupa peralatan usaha kecil seperti timbangan digital, modal usaha, peralatan pangkas rambut dan peralatan jahitan dll yang sangat di butuhkan oleh mustahik dalam mengembangkan usahanya.

Ikut Hadir dalam acara lounching penyaluran dana zakat yang berlangsung meriah itu Kakan Kemenag, Kabag Kesra dan Waka I Baznas Kabupaten Sijunjung H. Darmawan, SH.rilis