Bupati Eka Putra Resmikan Kantor Walinagari dan Hadiri Pengukuhan KAN Padang Laweh Malalo

1419

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Dengan diresmikannya kantor wali nagari Padang Laweh Malalo yang baru, harus diisi dengan semangat, dan pola pikir baru untuk memajukan nagari Padanglaweh Malalo. Dengan demikian, pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik. Selaku pelayan masyarakat, harus memberikan pelayanan terbaik.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengemukakan hal itu ketika meresmikan pemakaian kantor wali nagari Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuh Selatan, sekaligus menghadiri pengukuhan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) nagari Padang Laweh Malalo, Sabtu (21/1) di Gedung Serbaguna SMPN 2 Batipuh Selatan Tanah Datar.

Sehubungan dengan pengukuhan pengurus KAN nagari Padang Laweh Malalo, Bupati Eka Putra atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat dan berharap kepada angku-angku, niniak mamak yang baru dikukuhkan mampu mengemban amanah dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Ditekankan Bupati, angku-angku niniak mamak sebagai pengurus KAN, kami berharap ke depan KAN dan bundo kanduang nagari Padang Laweh Malalo ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari terutama dalam bidang adat yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat.

Anggota KAN, sebut Eka, merupakan seorang panggulu yang telah dipilih anak kemenakan.Fungsi KAN diibaratkan, Hari paneh tampek balinduang, hari hujan tampek bataduah, kapai tampek batanyo, kapulang tampek babarito, kusuik nan kamanyalasaian, karuah nan kamampajaniah, tabanam nan kamanyilami, hanyuik nan kamalintehi, singkek nan kamauleh, senteang nan kamambilai.

Peranan dan fungsi KAN terhadap anak kemenakan dimanifestasikan dalam ungkapan adat , kayu gadang ditangah padang, batangnyo tampek basanda, ureknyo tampek baselo, daunnyo tampek balinduang dengan maksud niniak mamak merupakan pemimpin yang mengayomi, membimbing, mengarahkan dan mengatur anak kemenakannya dalam segenap aspek kehidupan,imbuh Bupati Eka.

Terakhir Eka Putra mengharapkan seluruh masyarakat nagari Padang Laweh Malalo baik yang diranah Minang maupun yang dirantau dan segenap unsur dalam nagari semakin kompak melaksanakan pembangunan di nagari untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Turut memberikan kata sambutan
Wali nagari Padang Laweh Malalo Akhyari Dt. Talarangan yang berharap usai diresmikan kantor wali nagari baru,sistem pemerintahan nagari akan semakin baik pelayanannya terhadap masyarakat.

Begitu juga sambutan disampaikan
Ketua KAN nagari Padang Laweh Malalo terpilih Bukhari Dt. Lelo Marajo.

Aktivitas alek cukup meriah itu dihadiri anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Kadis PMDPPKB Abdurrahman Hadi, ​Camat Batsel Benny Yohendri dan forkopimca, ​Wali nagari se kecamatan Batsel, ​Sekretaris LKAAM Tanah Datar,tokoh masyarakat dan undangan – habede