Bupati Benny Dwifa Yuswir Diberi Gelar sebagai Sutan Gumilang di Suku Bendang Nagari Muaro Sijunjung

510

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ninik mamak Suku Bendang, Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Sumatera Barat, pada Minggu (22/1/2023), bermupakat memberikan gelar pada Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, menjadi Sutan Gumilang dalam kaum Suku Bendang Nagari Muaro. Hal itu ditandai dengan pemasangan saluak.

Prosesi penyematan saluak pertanda gelar Sutan Gumilang dalam kaum Suku Bendang Nagari Muaro dilaksanakan di Balai adat Suku Bendang Nagari Muaro , yang dihadiri para pemangku adat, ninik mamak, bundo kandung, cucu kamanakan serta undang lainnya hadir dalam pemberian gelar dari bapak pada anak itu.

Bak pituah urang minangkabau, pancaringek tumbuah di paga, diambiak urang ka ambalau, ketek banamo, gadang bagala, baitu adaik di Minangkabau.

Pada, Minggu (22/1/2023) itu, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, sah dan resmi menyandang gelar Sutan Gumilang dari “bapak ke anak” dalam kaum Suku Bendang Nagari Muaro.

Prosesi itu sebelumnya di awali dengan penobatan batagak gala ninik mamak Nagari Muaro dengan Manuang Limbago.

Selain dihadiri para ninik mamak dan
kaum di Suku Bendang Nagari Muaro beserta undangan, juga dihadiri unsur forkopimda dan Wabup Sijunjung, H. Iradatillah,S.Pt, Anggota DPRD dan unsur OPD Pemkab Sijunjung juga terlihat hadir.

Prosesi yang sakral itu, menunjukan bahwa Benny Diwafa yang putra kandung dari Bupati Sijunjung periode 2010-2015 dan 2015-2020, Drs. H. Yuswir Arifin Dt Indo Marajo,MM, Itu resmi menjadi anak dan cucu dari kaum Suku Bendang Nagari Muaro yang kini bergelar Sutan Gumilang.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S.STP. “Alhamdulillah, prosesi pemberian gelar dan acara ninik mamak batagak gala Nagari Muaro dengan Manuang Limbago itu telah selesai dilaksanakan dengan sukses”.

https://www.youtube.com/live/GFXo3aSwEig?feature=share

“Kini, pak bupati bisa dipanggil dengan sebutan ‘Sutan Gumilang’. Dalam adat Minangkabau ada istilah “ketek banamo gadang bagala,”kata mantan Kepala Kesbangpol Limas Sijunjung itu.

“Agar diketahui publik, gelar tersebut diumumkan di depan semua orang dan itu telah dilaksanakan dalam acara pemberian gelar dari bapak pada anak dalam Suku Bendang Nagari Muaro. Nah, sejak saat itu, siapapun juga akan memanggil pak Benny sebagai Sutan Gumilang,”tambah mantan Camat Kamangbaru asli Padanglaweh, Koto VII, Kabupaten Sijunjung itu.

Dengan menyandang gelar Sutan Gumilang, maka secara resmi Benny Dwifa Yuswir adalah anak dan cucu dari Ninik Mamak dari Suku Bendang Nagari Muaro.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, menyebutkan, akan menjalankan amanah sebagai anak, dan cucu dari Ninik Mamak kaum Suku Bendang Nagari Muaro.

“Kami mohon doa, agar kami dapat mengemban amanah ini dengan baik, dan kami dapat bimbingan dari Allah SWT,”ucapnya.

“Itu sangat bagus, apalagi pemberian gelar dari bapak pada anak,”kata Wabup Sijunjung, H. Iraditillah mengapresiasi prosesi prmberian gelar dari bapak ke anak.

 

Sebagai tanda syukur acara berjalan dengan sukses dan lancar, juga dilanjutkan dengan makan bajambah yang merupakan tradisi adat, yang tidak lapuak karena hujan dan tidak lekang karena panas. Selamat pak bupati sebagai Sutan Gumilang.

Sementara, dalam  akun facebooknya, Abdul Rahman Dt Rajo Nan Putieh, mengucapkan terimakasih pada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Saya Abdul Rahman Dt Rajo Nan Putieh, mewakili atas empat orang Ninik Muaro yang sudah Manuang Limbago/ Dinobatkan pada hari ini (Minggu, 22/1/2023-red).  Mengucapkan Terima kasih yang tak terhingga kepada sanak saudara, Seluruh anak nagari/Masyarakat, Ninik mamak, bundo kanduong, Pemuda, pemerintahan Nagari Muaro, pemerintahan Kecamatan Sijunjung, Bupati dan Wakil bupati, DPRD serta seluruh unsur Forkopimda Sijunjung Atas Kerja sama Serta partisipasi nya yang telah bahu membahu. Selama Sebulan sebelumnya dalam persiapan sampai pelaksanaan nya pada hari ini OLEK MANUANG LIMBAGO Penobatan Batogak Gola Sukses & Lancar,”tulis Abdul Rahman Dt Rajo Nan Putieh dalam akun facebooknya.

“Selamat Juga kepada Bupati Sijunjung telah Mendapat Gelar dari bapak kepada anak yang disetujui oleh Ninik Mamak Nagari Muaro yaitu Sutan Gumelang.  Sekali lagi Saya ucapkan Terima kasih. Semoga Allah Melindungi kita semua,”jelasnya.*