Ketua PMI Tanah Datar: Kita Butuh Darah 1.500 Kantong Setiap Tahun

143

JURNAL SUMBAR | Batusanhkar – Kebutuhan darah di Kabupaten Tanah Datar masih belum terpenuhi. Terkadang disuplay dari daerah tetangga. Sementara darah ini urgent demi hidup orang yang sangat membutuhkan.

Demikian dikemukakan Ketua PMI Ny. Lise Eka Putra dalam rapat pleno diawal tahun 2023 diikuti Pengurus PMI Tanah Datar dan staf markas PMI Tanah Datar, Rabu (4/1) di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Dalam kesemptan itu, Ny Lise Eka Putra, berharap kepada pengurus PMI dan staf markas bergerak agar semakin solid berkiprah membantu pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat. Selain itu PMI juga diminta ikut pada event-event besar daerah dan turun langsung pada saat terjadi bencana.

Tujuan kita adalah kemanusiaan, terutama bagi yang membutuhkan darah.Saat terjadi bencana kita juga harus turun langsung ke lokasi membantu pemerintah tanpa membeda-bedakan dimana ataupun siapa, dengan penuh semangat kemanusiaan,kata Ny LIse.

Diharapkannya, PMI lebih maksimal lagi berbuat, keterlibatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkolaborasi dengan stake holder, keterlibatan PMI pada event-event daerah dan juga penguatan kelembagaan PMI di 14 kecamatan dan relawan di seluruh wilayah Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Kebutuhan darah di Tanah Datar,imbuh Ny Lise, terkadang tidak mencukupi.Kita butuh 1.500 kantong per tahun, sementara stok tersedia tidak mencapai setengahnya.Ia berharap PMI Tanah Datar terus berupaya menggalang pendonor darah,mensosialisasikan pentingnya setetes darah bagi kehidupan orang banyak.

Pada kesempatan itu,Sekretaris PMI Tanah Datar Faisal, mengatakan akan ada kegiatan operasional transfusi darah serta pencapaian target dan sasaran kegiatan PMI.

Dalam waktu dekat,katanya agenda akan dilaksanakan pelantikan Pengurus PMI kecamatan dan agenda lain seperti pengembangan Markas PMI Tanah Datar melalui pendekatan terintegrasi dengan dukungan mitra terkait- habede