Mahasiswa UNP Laksanakan KKN Tematik Stunting di Sijunjung, Ini Laporannya

831

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 100 orang mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik stunting di Kabupaten Sijunjung.

Mahasiswa KKN tersebut disambut langsung oleh Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah yang juga selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Angka stunting di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati setempat, Selasa (10/1/23).

Selain itu hadir, Plh. Sekdakab Sijunjung, Aprizal,  Ketua TP-PKK Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa, Kadis Dalduk KB, Roni Satria, Kadis Kominfo, David Rinaldo, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Puji Basuki, Kadis Kesehatan, Ezwandra,  Camat dan Wali Nagari Lokus kegiatan KKN.

Dalam arahannya, Wabup Iraddatillah mengucapkan terimakasih kepada Pihak UNP dan  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Barat karena sudah memilih Sijunjung sebagai lokasi tujuan untuk melaksanakan KKN tematik stunting.

“Semoga senang selama berada di Sijunjung dan semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sijunjung serta jadikan ini sebagai ajang berbagi ilmu dan berbagi pengalaman,” ungkapnya.

Menurut Wabup, penyebab stunting sesuai survey dan ditemukan dilapangan kurangnya ilmu atau pendidikan dan ekonomi.

“Mudah-mudahan dengan adanya KKN tematik stunting maka mahasiswa bisa langsung memberikan pemahaman langsung bagaimana upaya penurunan angka stunting ke keluarga di nagari,” ujar orang nomor dua di Ranah Lansek Manih itu.

“Semoga dengan sentuhan langsung oleh adik-adik mahasiswa ini, dengan penyebaran informasi dapat merubah perilaku masyarakat terkait hidup sehat,” lanjutnya.

Wabup berharap kepada mahasiswa UNP laksanakan KKN itu dengan sungguh-sungguh. “Berikan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan dan diterapkan langsung dimasyarakat sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dalam upaya mencegah stunting,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Dalduk KB, Roni Satria selaku panitia pelaksana menyebut kegiatan itu dilaksanakn selama satu bulan, mulai hari ini sampai dengan 10 Februari 2022.

“Mahasiswa yang mengikuti KKN ini sebanyak 100 orang, yang akan disebar sebanyak 20 mahasiwa pada kampung keluarga berkualitas di lima Nagari di Kabupaten Sijunjung,” ujarnya.

Adapun Nagari yang menjadi Lokus diantaranya Nagari Kamang, Nagari Paru, Nagari Kampung Dala, Nagari Padang Laweh dan Nagari Sisawah.dicko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here