Musrenbang Kecamatan Kamangbaru Dihadiri Bupati Sijunjung

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 tingkat kecamatan di UDKP Kecamatan Kamang Baru, Kamis (26/1/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Benny menyebut, musrenbang RKPD itu merupakan salah satu kegiatan strategis bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan sebagai wadah merumuskan dan menetapkan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan pada tahun 2024 yang diselaraskan dengan prioritas pembangunan daerah.

“Sehingga bisa menjawab permasalahan pembangunan daerah yang terjadi saat ini agar terwujudnya visi RPJMD tahun 2021-2026 Kabupaten Sijunjung Sejahtera, Unggul dan Berbudaya menuju Masyarakat Madani sebagai mana ditetapkan melalui Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 tentang RPJMD tahun 2021-2026,” tutur Bupati.

Disisi lain, Benny mengatakan, Musrenbang kecamatan juga sebagai wadah bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan untuk duduk bersama, berdiskusi, membahas dan menyusun berbagai program dan kegiatan.

“Mari kita ikuti kegiatan ini dengan baik dan berperan aktif dalam memberikan masukan serta memilih kegiatan yang benar-benar dibutuhkan daerah. Sehingga penyusunan program yang akan dilaksanakan itu betul-betul terlaksana untuk menjawab permasalahan daerah dalam mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Sijunjung,” ujarnya.

Menurut Bupati, Musrembang kecamatan itu, sebagai tahap awal untuk membahas daftar usulan RKP Nagari yang akan diteruskan pembahasannya pada saat forum Perangkat Daerah, Musrembang Kabupaten dan selanjutnya dimuat dalam RKPD Kabupaten Sijunjung tahun 2024.

“Mudah mudahan hasil musrembang ini dapat mewujutkan dokumen RKPD Kabupaten Sijunjung tahun 2024 yang aspiratif, berkualitas dan operasional sehingga mampu menjawab permasalahan pembangunan didaerah kita ini,” harapnya.

KLB

Selain itu kata Benny, keberhasilan pembangunan dapat dilihat dari capaian indikator pembangunan.

“Alhamdullilah Indek Pembangunan Manusia di Kabupaten Sijunjung meningkat pada 2022 lalu 68,69%. Sedangkan pada tahun 2021 lalu 67,86%. Walaupun naik 1,21 poin, pertumbuhan IPM Sijunjung pada tahun 2022 termasuk kategori tiga besar di Sumatera Barat, tentu itu sudah luar biasa perkembangannya,“ tukas orang nomor satu di Ranah Lansek Manih.

Sementara, Camat Kamang Baru, Asrijal menyampaikan Musrenbang RKPD Kecamatan tersebut dilaksanakan untuk penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sijunjung tahun 2024.

“Musrenbang juga forum komunikasi pembangunan daerah untuk tahun akan datang. Melalui Musrenbang RKPD ini kita tingkatkan daya saing ekonomi daerah dan sdm didukung pelayanan publik yang berkualitas,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan Musrenbang bukan hanya sekedar kegiatan perencanaan setiap tahun, akan tetapi juga forum mensinergikan kekuatan di daerah dalam membangun Kabupaten Sijunjung.

Adapun prioritas skala Kecamatan Kamang Baru tahun ini adalah perbaikan jalan kabupaten simpang kamang sungai betung, peningkatan jalan menuju transmigrasi padang tarok dan pembangunan gedung kantor camat serta peningkatan jalan banjar tengah lubuak kapiek

“Mudah-mudahan melalui Musrenbang ini prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan kamang baru dapat terealisasi nantinya,” tutup Camat. (Dicko)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.