Cegah Anemia dan Stunting, Remaja Puteri Diberi Tablet Tambah Darah

426

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Mewakili bupati Tanah Datar, Sekretaris Daerah (Sekda) Iqbal Ramadi Payana, Jum’at (10/3) mencanangkan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja puteri dalam aktivitas pencegahan anemia dan stunting di lapangan bola kaki Lima Kaum .

Dikatakan Sekda Iqbal, Pemerintah Daerah Tanah Datar menyampaikan apresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan TTD sebagai peran serta dan kepedulian bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanah Datar terutama dalam pencegahan stunting.
Pencanangan TTD mencakup kegiatan fisik berupa senam pagi bersama, sarapan bersama, dan minum tablet tambah darah bersama.

Menurut Iqbal, berdasarkan profil kesehatan Indonesia tahun 2021, cakupan pemberian tablet tambah darah putri di Indonesia adalah 31, 3 persen, sedangkan di Provinsi Sumatera Barat baru diangka 11, 5 persen, dan Kabupaten Tanah Datar berada di angka 31,7 persen.

Untuk itu perlu dilakukan gerakan bersama meningkatkan kepatuhan terhadap konsumsi obat tambah darah bagi remaja putri.Saat ini Pemkab Tanah Datar telah membuat surat edaran terkait minum tablet tambah darah bagi remaja putri yang dilaksanakan setiap hari jumat di sekolah,kata Sekda Iqbal.

Pemberian obat tambah darah bagi remaja putri juga didukung dengan Surat Komitmen Bersama (SKB) empat Kementerian, yaitu Kemeterian Dalam Negeri, Kemeterian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pendidikan.

Makanya, Kita harus bekerja sama dan saling berkoordinasi, pihak sekolah beserta jajaran mari kita dukung kegiatan ini demi generasi penerus yang sehat dan cerdas, berharap kegiatan ini berkesinambungan dan dilakukan setiap minggunya,imbuh Iqbal lagi.

Sementara tu, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita menyampaikan, dasar pelaksanaan TTD bagi remaja putri adalah tentang percepatan penurunan stunting.Penurunan stunting selain, dimulai dari 1000 pertama hari kehidupan, juga dimulai dari anak remja putri dengan memberikan obat TTD.

Hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Armen Yudi, Perwakilan Forkopimda, Camat Lima Kaum beserta Forkopimca,dan undangan – habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here