Deri Asta Terima Penghargaan Best Leader Of The Year 2023 Kategori Pengentasan Kemiskinan

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Walikota Sawahlunto menerima penghargaan Best Leader Of The Year 2023 kategori pengentasan kemiskinan dari stasiun Televisi Padang TV. Penghargaan itu diserahkan oleh Direksi Padang TV kepada Wali Kota Deri Asta, di Hotel Truntum Padang, Jum’at 03 Maret 2023.

Direktur Padang TV Rita Gusveniza mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pemantauan dan berkesimpulan kinerja Wali Kota Deri Asta dalam pengentasan kemiskinan dinilai layak mendapat apresiasi.

“Salah satu indikator terbaru yang memperkuat keyakinan kami memberikan apresiasi kepada Wali Kota Deri Asta adalah keberhasilan Sawahlunto dua tahun berturut-turut mempertahankan menjadi daerah dengan tingkat kemiskinan paling rendah di Indonesia. Sawahlunto menjadi daerah dengan tingkat kemiskinan paling rendah secara nasional ini di 2021, dan di 2022 juga mampu dipertahankan,” kata Rita.

Menurut Rita, capaian lain yang turut menunjukkan keberhasilan pengentasan kemiskinan di Sawahlunto adalah tingkat prevalensi stunting yang sudah melampaui target nasional.
“Kami memonitor bahwa prevalensi stunting Sawahlunto pada 2022 pada angka 13,7 persen. Artinya sudah berhasil menurunkan prevalensi stunting itu lebih rendah dari target yang ditetapkan Presiden Jokowi yaitu 14 persen,” terangnya.

Selain itu ungkap Rita lagi, faktor pendorong lainnya bagi Padang TV untuk mengapresiasi Walikota Deri Asta adalah melihat dari komitmen yang dikeluarkan dan dijalankan dalam pengentasan kemiskinan tersebut.

Epi

“Kami mendengar cukup banyak kebijakan baik regulasi ataupun program yang terus dilakukan Wali Kota Deri Asta untuk pengentasan kemiskinan. Dalam setiap arahan kepada perangkat daerah, kami juga mendengar Wali Kota Deri Asta konsisten menghimbau agar jajarannya kompak satu visi bahwa pengentasan kemiskinan menjadi salah satu program prioritas,” ujar Rita menjelaskan

Menerima penghargaan itu, Walikota Deri Asta menyampaikan terima kasih kepada Padang TV atas kepercayaan dan apresiasi yang diberikan tersebut.

“Ini tentu menjadi spirit untuk berbuat lebih lagi bagi masyarakat. Namun tujuan utama kita, berjalan dan berhasilnya pengentasan kemiskinan tersebut, kalau kemudian ada yang memuji dan memberikan penghargaan berarti itu menjadi hadiah atau bonus untuk menambah semangat,” katanya.

Penghargaan ini sebut Deri Asta, juga dipersembahkan kepada seluruh stake holder dan masyarakat Sawahlunto. Bagaimana pun lanjutnya, keberhasilan program pengentasan kemiskinan terjadi karena kerja dan dukungan dari seluruh pihak termasuk dukungan dari masyarakat.

“Tugas pengentasan kemiskinan itu amanah yang berat, tidak selesai hanya oleh Walikota saja. Untuk itu kami ingatkan agar jajaran perangkat daerah sampai ke pemerintah desa dan kelurahan untuk tidak lengah dalam melanjutkan program pengentasan kemiskinan.

“Jangan merasa sudah aman karena kita sudah menjadi daerah dengan kemiskinan paling rendah di Indonesia. Kerja kita mengentaskan kemiskinan tidak berhenti karena itu, tapi lebih kepada mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.(pariwara)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.