Didukung MUI, Bupati Eka Putra Canangkan Tanah Datar Bebas Polio

JURNALSUMBAR |Batusangkar – Crash Program Polio yang ditargetkan bagi 19.740 orang di Luhak Nan Tuo,Senin(6/3) dicanangkan Bupati Eka Putra di Gedung Serba Guna, Sungai Tarab.

Dikatakan Bupati Eka bercermin dari Kejadian Luar Biasa (KLB) polio terjadi di Provinsi Aceh dengan jumlah 3 kasus, telah menjadi perhatian semua pihak termasuk dunia.

Untuk itu, berdasarkan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Komite Ahli Nasional Surveilans PD31 merekomendasikan Sumatera Barat (Sumbar) dan dua provinsi lainnya di Sumatera, untuk melaksanakan Crash Program Polio.
Crash Progam Polio diterapkan pada sasaran usia 0-59 bulan.

Sedangkan, untuk anak usia 0-4 bulan 2 tetes Oral Polio Vaccine (OPV) dan anak 4-59 bulan 2 tetes OPV serta 1 dosis Inactivated Polio Vaccine (IPV) tanpa memandang status imunisasi sebelum ini.
Bupati Eka mengajak seluruh lapisan Masyarakat untuk menyukseskan Crash Program Polio sehingga menutup kemungkinan seluruh Balita di Tanah Datar akan terserang penyakit Polio.

Bupati Eka tidak menginginkan penyakit Polio ada di Tanah Datar. Untuk itu, kita mengajak seluruh pihak untuk bekerja keras mengedukasi dengan cara-cara humanis agar semua anak-anak mendapatkan Imunisasi Polio di kegiatan Crash Program Polio ini.

Epi

Sementara itu, Ketua Tim Pokja Crash Program Polio Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Ali Akbar, S.K.M, M.Kes mengatakan Crash Program Polio guna mempertahankan status Indonesia bebas Polio.

Kita, harus munyukseskan Crash Program Polio di Tanah Datar dan dapat terealisasi dengan baik.Ini tentu dibutuhkan dukungan seluruh pihak,kata Ali Akbar.

Seterusnya, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanah Datar H. Masnefi mendukung terlaksana Crash Program Polio di Tanah Datar.Ini sudah kita bahas bersama MUI Sumbar, sebut Masnefi.

Pengurus MUI Tanah Datar, tekan Buya Masnefi, mendukung kegiatan imunisasi Polio ini. Jadi, tidak perlu ragu untuk membebaskan daerah ini dari penyakit Polio.

Dalam aktivitas itu turut memberikan kata sambutan Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Dr. Yesrita Zetrianis sekaligus dihadiri kepala OPD Tanah Datar, ketua TP-PKK Tanah Datar diwakili Sekretaris Rosnidel, Forkopimca Sungai Tarab, Wali Nagari se kecamatan Sungai Tarab, tokoh masyarakat dan tamu undangan lain – habede

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.