Lomba Lintas Alam Pramuka Penggalang se-Sumbar Digelar di SMKN 8 Sijunjung, Ini yang Disampaikan Wabup Iradatillah

JURNAL SUMBAR | Sijunjung- Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah membuka secara resmi lomba lintas alam Pramuka Penggalang se Sumatera Barat di halaman SMKN 8 Sijunjung kampus Manganti, Kecamatan Sumpur Kudus, Sabtu (4/3/2023).

Para kontingen sejak Sabtu pagi telah mulai memasang tenda untuk perkemahan yang berlangsung hingga Minggu (5/3) diikuti 15 regu atau kontingen, selain diikuti komunitas dari berbagai nagari di Kecamatan Sumpur Kudus juga diikuti oleh regu dari Kabupaten Solok, Tanah Datar dan Kabupaten Sijunjung.

Diperoleh keterangan dari Ketua  panitia pelaksana, Leo Prima Weski mengatakan,  15 Kontingen tersebut adalah regu  Lubuak Pandakian, Bukik Simo,  Payo Kilangan,  Geopar Silokek,  Bukik Kunik, Bukik Bakur,  Batu Dindiang,  Ngalau Basurek,  Murai Tinggi,  PDRI,  Syech Ibrahim,  Rajo Ibadat,  Payo Syahadat, Tumis Lompok dan  Samba Don Kayu.

Dikatakannya, kegiatan ini pada hakikatnya bertujuan membentuk  manusia-manusia yang berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur,  kuat mental, bermoral, serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat jasmani dan rohani sehingga menjadi pelopor pembangunan di tengah-tengah masyarakat dalam  beragama, berbangsa dan bernegara. 

“Pramuka penggalang sebagai salah satu wadah pembinaan dan pembangunan diarahkan kepada bentuk-bentuk kegiatan positif dimana kegatan tersebut mampu mendukung kapasitas dan kapabilitas anggota selaku insani akademi,” ucapnya.

Wakil Bupati yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sijunjung dalam sambutannya menyampaikan,  mari kita jaga keselamatan kita dengan tetap berserah diri kepada Allah SWT., ikutilah acara ini dengan sebaik-baiknya, hindari sifat takabur, sombong dan tetaplah rendah hati.

Epi

Selain meningkatkan kualitas dan keterampilan anggota pramuka pegalang, kegiatan ini berpungsi sebagai ajang  silaturrahmi diantara kita semua para kontingen. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, acara lomba lintas alam kabupaten Sijunjung, saya  buka secara resmi,” lanjut Iradatillah.

Menurut sumber di bumi perkemahan penggalang tersebut didapati keterangan kegiatan ini juga masih dalam rangka memeriahkan peringatan hari jadi Kabupaten(HJK) Sijunjung ke 74 tahun 2023.

Selain memberikan  peluang bagi pramuka penggalang se-Sumbar untuk bisa mengembangkan minat bakat serta wawasan dibidang kepramukaan, juga untuk  meningkatkan kepedulian pramuka terhadap pariwisaa di Kabupaten Sijunjung melalui pendirian Satua Karya  (SAKA) Pariwisata Sijunjung di Nagari Manganti khusunya.

Selanjutnya juga untuk meningkatkan kepedulian silaturrahmi dan menfasilitasi pertemuan pramuka penggalang se-Sumbar dalam bentuk kegiatannya lintas alam, praktek materi tekpram (sandi, smapore, morse, P2GD dll) Outdoor dan Outbond serta Yel-yel.

Dari pantauan kontributor media ini di Manganti Pardi Syahri,  tema dari kegiatan Pramuka penggalang tersebut adalah “Melalui Kegiatan Lintas Alam Anggota Pramuka Penggalang se-Sumbar kita  tingkatkan rasa silaturrahmi dan kepedulian terhadap Alam sekitar sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka”

“Kami sangat bangga dan bahagia dengan kehadiran adik adik Pramuka penggalang penuh semangat mengikuti kegiatan ini,” ujar Leo Prima Weski didampingi Sekretarisnya Zaskia Khairul Anisa.herman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.