Tim V Safari Ramadhan Kabupaten Sijunjung Sambangi Masjid Mujahidin Nagari Silongo, Warga Minta Dibangun Jaringan Internet

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dipimpin Kapolres Sijunjung, Sumatera Barat, AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.lK, MH, pada Selasa (28/3/2013) Tim V Safari Ramadhan tingkat Kabupaten Sijunjung sambangi Masjid Mujahidin, Nagari Silongo, Kecamatan Lubuktarok.

Usai melaksanakan berbuka bersama pengurus masjid, rombongan melakukan sholat magrib. Selang beberapa waktu kemudian dilanjutkan sholat tarwih bersama serta penyampain pesan-pesan Pemkab Sijunjung yang disampaikan AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.lK, MH selaku ketua tim.

Di Masjid Mujahidin, Nagari Silongo, Tim disambut Camat Lubuktarok dan Walinagari Silongo. Tak beberapa lama kemudian, tibalah saat berbuka puasa. Dengan hidangan seadanya, tim pun menikmati berbuka bersama pengurus Masjid Muhahidin, Nagari Silongo itu.

Dihadapan masyarakat, AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.lK, MH, yang juga Kapolres Sijunjung itu menyampaikan soal kamtibmas. Terutama terkait akan adanya penyelenggaraan Pemilu pada 2024 mendatang.

Urangsumando Padangsibusuak, Kecamatan Kupitan itu berharap pada masyarakat agar selalu menjaga silaturahmi dan menjaga kamtibmas dan bersinerji selalu bersama polisi masyarakat menjaga kamtibmas.

Selain itu, ketua tim juga menyampaikan pesan-pesan pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan Pemkab Sijunjung.

Ratusan jemaah Masjid Mujahidin, Nagari Silongo, Kecamatan Lubuktarok juga terlihat serius dan terbius mendengarkan ceramah agama yang disampaikan Iptu H. Syafril (Kapolsek Lubuktarok-red)—yang juga urangsumando Nagari Silongo selaku mubalig dari Tim V Safari Ramadhan Kabupaten Sijunjung itu. Apalagi, sebelum ceramah dimulai buya Syafril berpantun sehingga yang mendengar pun terbelalak mendengarnya.

Kapolsek Lubuktarok itu juga minta pada masyarakat selaku mubaliq, ia minta pada masyarakat untuk menjauhi penyakit masyarakat (Pekat) seperti judi, miras dan tindakan kriminal lainnya agar dihindarkan. Penyampaian itupun disampaikan buya Syafril lewat dendang dan lirik lagu islami.

Buya juga mengupas bulan suci ramadhan dan puasa secara gemblang. Hampir semua mata jemaah Masjid Mujahidin itu tak berkedip mendengarkan ceramah yang disampaikan mantan Kasat Bimas Polres Sijunjung tersebut, termasuk soal kekompong dan ular pun berpuasa juga diceritakannya karena sudah kenyang.

Termasuk puasa ikan hiu, ayam juga dikisahkan. “Gimana puasanya terserah bapak-ibuk, yang penting berpuasa,”ucap buya mensiarkan ceramahnya.

Sebelum itu, Ketua Tim V Safari Ramadhan Kabupaten tersebut juga menyerahkan bantuan dana hibah untuk pembangunan masjid kepada pengurus Masjid Mujahidin, Nagari Silongo dari Pemkab Sijunjung sebesar Rp10 juta.

Tak hanya itu, AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.lK, MH, atas nama Polres Sijunjung juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Mujahidin, Nagari Silongo. Bukan itu saja, kapolres juga menyalurkan bantuan pada Masjid Nagari Buluhkasok yang diterima langsung oleh Walinagari Buluhkasok, Andi.

PERANTAU SIJUNJUNG

Tak hanya itu, atas nama Polres Sijunjung, Kompol Dwi Yulianto, S.Ik juga memberikan bantuan berupa kita suci al-quran kepada pengurus Masjid Mujahidin Nagari Silongo.

Dipimpin Kapolres, Selasa, Tim V Safari Ramadhan Kabupaten Sijunjung Kunjungi Masjid Mujahidin Nagari Silongo

Walinagari Silongo, Weswedi, menyampaikan, kehadapan tim, bahwa penduduk Silongo ada sebanyak 1.300 jiwa dengan 336 KK.

“Kami berterimakasih pada Bupati Sijunjung atas bantuan dana hibahnya. Kami mohon pada Pemkab Sijunjung untuk memasukan sinyal supaya kami bisa menggunakan HP Android. Kami butuh jaringan Telkomsel, bangunlah pak di Nagari Kami,”harap masyarakat seperti disampaikan walinagari.

Menurut warga setempat, untuk menelpon mereka harus ke Nagari Bukuhkasok yang jaraknya kisaran limakilometer. “Kami benar-benar terisolasi dari komunikasi. Bantulah kami pak supayo bisa menggunakan HP,”ucap warga.

Selain itu, juga ada tanyajawab antara masyarakat dengan Tim Safari Ramadhan. Mulai soal jaringan internet hingga masalah pembangunan dan jalan usaha tani juga disampaikan masyarakat.

“Nanti akan kami sampaikan pada pihak terkait,”kata Inspektur Daerah, Wandri Fahrizal,SH, menjawab pertanyaan jemaah Masjid Mujahidin.

Kompol Dwi Yulianto, S.IK ( Ketua Tim Saber Pungli/Wakapolres), dalam sambutannya memperkenalkan para tim yang hadir. Dalam sambutannya, tim mempersilahkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya sesuai saran kapolres.

“Selagi bisa kita jawab, ya kita jawab. Atau juga kami tampung pesan – pesannya,”ucap Wakapolres.

Kunjungan Tim V Safari Ramadhan tingkat Kabupaten Sijunjung tersebut sesuai surat keputusan Bupati Sijunjung, nomor; 188.45/12c- /KPTS-BPT-2023, tentang pembentukan Tim Ramadhan tahun 2023.

Kalau tidak ada aral melintang, rencananya, Tim V Safari Ramadhan, pada Kamis (30/3/2023) juga akan mengunjungi Masjid Raya Darussalam, Nagari Muarobodi, Kecamatan IV Nagari.

Untuk diketahui, bahwa Tim Ramadhan itu dibentuk untuk menjalin silahturrahmi antara Pemerintah Daerah dengan Masyarakat, sekaligus media untuk menyerukan informasi pembangunan dan merrampung aspirasi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat.

Ditiap masjid yang dikunjungi, Tim Safari Ramadhan memberikan ceramah, santapan rohani dan menyampaikan pesan-pesan pembangunan kepada jama’ah masjid/musholla/ surau di wilayah Kecamatan/Nagari dan menerima atau menampung saran dan masukan dari masyarakat.

Tim V Safari Ramadhan yang dipimpin Kapolres Sijunjung itu beranggotakan; Kompol Dwi Yulianto, S.IK ( Ketua Tim Saber Pungli/Wakapolres), Iptu H. Syafril, S.Pd (Mubalig), Wandri Fahrizal, SH (Inspektorat Daerah), Miswita, MR, SH. MH (Kabag Hukum), , Ardon,SE (Direktur Perusda), Yelfi Rozalina, S.Kep (staf bagian protokol), Saptarius (Wartawan), Dodi Junianto (Pol PP) dan ajudan/sopir Polres Sijunjung.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.