Wakili Kecamatan Barangin, Desa Talago Gunuang Dinilai Tim Lomba Desa

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Mewakili kecamatan Barangin pada lomba evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tingkat kota Sawahlunto, hari ini, Jum’at (10/3/2023) Desa Talago Gunuang didatangi tim penilai.

Rombongan tim penilai yang dipimpin Sekertaris Dinas Sosial PMD PPA, Sardiana itu disambut Camat Barangin Subandi dan Kepala Desa Talago Gunuang Ismed Ulya beserta segenap jajaran pemerintahannya dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Menurut Sardiana, penilaian ini merupakan salahsatu bentuk pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah kota ini.

Tujuan diselenggarakannya penilaian Desa dan Kelurahan ini, sebut Sardiana, adalah untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahaan dan kemasyarakatan terhadap Desa dan Kelurahan, dengan status berkembang dan cepat berkembang yang dilaksanakan secara sinergi oleh Pemerintah Pusat dan pemerintah Daerah.

Selain itu, juga untuk mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan serta dalam pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat,.speeti diatur dalam Permendgri nomor 81 tahun 2015.

“Pemenang lomba tingkat kota ini, nantinya akan mewakili kota Sawahlunto ke tingkat Provinsi, dan selanjutnya pemenang di provinsi akan.mewakili ke tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya camat kecamatan Baranfun Subandi, SH berharap agar pihak desa memberikan informasi yang riil atau yang sebenarnya.

Epi

“Berikan data apa adanya pada tim penilai, dan jangan memaksakan diri. Sebab dalam lomba ini, kita tidak mencari menang. Akan tetapi jadikan lomba ini sebagai bahan evaluasi dalam membangun desa untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” sebutnya.

Selanjutnya, imbuh Subandi, kepada tim penilai saya berharap untuk dapat memberikan penilaian yang seobjektif mungkin.

“Jangan karena mungkin ada kedekatan hubungan emosional dengan seseorang, kemudian jadi pemenang. Tapi saya berharap, silahkan dinilai dengan apa adanya,” pintanya.

Lebih jauh, dihadapan tim penilai Subandi mengungkapkan bahwa desa Talago Gunuang telah memiliki sederet prestasi. Diantaranya juara 3 nasional pada lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), tahun 2017 silam.

“Selain itu, desa ini juga sudah langganan menjadi juara MTQ tingkat kecamatan,” ungkapnya.

Selanjutnya, disaksikan oleh seluruh tim penilai dan segenap undangan lainnya, Kepala Desa Talago Gunuang Ismed Ulya mengekspose berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan di desa yang dipimpinnya.

Usai seremonial penyambutan, tim penilai yang dibagi dalam beberapa kelompok itu pun mulai melakukan penilaian pada bidangnya masing – masing. ap/*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.