Lebaran Hari Ini, Jamaah Shalat Id Muhammadyah Sawahlunto Padati Lapangan Segitiga Ombilin

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Sawahlunto menggelar sholat Idul Fitri 1444 H di lapangan Segitiga Ombilin setempat, pagi ini Jumat 21 April 2023.

Bertindak sebagai khatib Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sawahlunto Fadlih Riefenta dan imam Adrimas SAg. MA ketua umum PD Muhammadyah Sawahlunto.

Ketua PD Muhammadyah Sawahlunto Adrimas menyebut, meski terjadi perbedaan dalam penetapan 1 syawal 1444 H, harusnya menjadi kekuatan bersama untuk senantiasa merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan umat serta bangsa ini.

“Meskipun terdapat perbedaan perayaan hari raya Idul Fitri 2023 antara pemerintah dan PP Muhammadiyah, tidak boleh mengurangi arti ataupun makna dari pelaksanaan Idul Fitri itu sendiri,” katanya.

Sebelumnya, PP Muhammadyah menyatakan hari raya lebaran jatuh pada Jumat, 21 April 2023, sesuai dengan maklumat PP Muhammadyah Nomor 1/MLM/1.0E/2023 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Stawal dan Zulhijah 1444 H.

PERANTAU SIJUNJUNG

Ditambahkan Ketua Panitia Pelaksana Sholat Id, Andrio AN, untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri ini juga di fasilitasi oleh pemerintah daerah dan PT. BA UPO.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya sholat Id ini. Kepada pemerintah kota, pihak keamanan Polres Sawahlunto, teristimewa kepada GM PTBA UPO yang berkenan memfasilitasi tempat dan kelengkapan lainnya, serta seluruh jemaah yang hadir,” ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti menyebutkan, perbedaan penetapan lebaran kali ini jangan dijadikan permasalahan. Berbeda itu indah jika sama sama menjunjung tinggi toleransi.

“Meski kita sudah lebaran hari ini, kami juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah tidak berpuasa agar tidak menampakkan dan menghargai saudara kita yang masih berpuasa,” katanya.

Dalam kesempatan itu Wawako Zohirin juga menyampaikan informasi terkait pembangunan dan program – program yang telah dilakukan.Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.