Lomba Takbiran dan Pukul Bedug, Desa Talago Gunung Kecamatan Barangin Jadi Juara

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Kecamatan Barangin yang diwakili Grup Tuah Sajato Desa Talago Gunung raih juara pertama lomba pukul beduk dan takbiran lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 se Kota Sawahlunto, pada Jumat (21/4/2023) malam di Lapangan Segitiga Ombilin. Lomba yang diawali dengan pawai obor dari Masjid Agung Nurul Islam itu dibuka dan diberikan hadiahnya langsung oleh Wali Kota Deri Asta, Wakol Wali Kota Zohirin Sayuti dan KaKan Kemenag, Dedi Wandra.

Kecamatan Barangin meraup nilai 89 poin, unggul dari Kecamatan Lembah Segar dengan nilai 81 poin Juara II, disusul Kecamatan Talawi 73 poin juara III dan Kecamatan Silungkang juara IV dengan nilai 60 poin.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Sawahlunto Dedi Wandra, mengatakan, kegiatan ini merupakan kerinduan akan kemeriahan menyambut hari kemenangan.

Epi

“Pasca pandemi Covid – 19, yang membatasi kegiatan keramaian sehingga tidak bisa membuat kegiatan seperti sekarang ini,” katanya.

Hari ini lanjutnya, kita ingin menggemakan takbir sebagai bentuk syukur kepada Allah setelah menjalani ibadah puasa Ramadan.
“Sebagai awal kita lombakan antar Kecamatan, namun kedepannya bisa lebih luas lagi,” katanya.

Sementara Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi kegiatan inovatif yang diprakarsai PHBI, Kemenag dan juga Pemko ini.
“Jika selama ini terkesan kurang meriah akibat pandemi Covid, namun kali ini kita ingin kegiatan memeriahkan Idul Fitri ini kembali semarak,” ujarnya.

Kepada seluruh OPD Wako Deri Asta juga mengungkapkan apresiasinya, karena telah ikut berpartisipasi dalam pawai obor dan malam takbiran tahun ini.

“Ini kegiatan inovatif pertama sejak pandemi. OPD yang semula diminta mengirim sekurangnya 10 perwakilan, namun dilapangan saya lihat lebih dari permintaan semula, bahkan masyarakat juga ikut memeriahkan pawai obor ini,” ungkapnya. Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.