Alirman Sori ajak Insan Pers Memberikan dan Memperkuat Pendidikan Politik pada Masyarakat

HLP

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Alirman Sori Anggota Dewan Perwakilan Republik Indonesia (DPD RI) daerah pemilihan Sumatera Barat (Sumbar), mengajak insan pers untuk terus memberikan dan memperkuat pendidikan politik kepada masyarakat.

“Pers adalah garda terdepan dan pilar ke empat untuk menyuarakan demokrasi, saya kira pers mempunyai peranan penting dan strategis dalam memberikan pendidikan politik yang sangat luar biasa kepada masyarakat,” kata Alirman Sori saat kunjungan ke daerah pemilihan dan bersilaturahmi serta berdiskusi dengan insan pers di Hannah Hotel Painan, Minggu (23/4/2023).

Selain itu, kata dia insan pers adalah orang yang terdepan terutama dalam menegakan amar makruf nahi mungkar terutama dalam pemberitaan dan memberikan edukasi kepada ruang publik atau masyarakat, sajian-sajian informasi disampaikan tentu didasarkan pada berita dan fakta yang aktual.

idul adha

Alirman Sori menyampaikan jika tidak ada aral melintang tepatnya pada 14 Februari 2024 menjadi hari dilaksanakannya pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Pemilu serentak dimaksud adalah pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Epi

Untuk itu kata dia, insan pers memiliki kewajiban untuk terus memberikan penyegaran berpikir kepada masyarakat secara luas terkait sistem politik yang sedang berkembang saat ini, jumlah penduduk Indonesia itu ada sekitar 273 juta jiwa, dimana pengetahuan dan informasi politik yang dimiliki penduduk itu tidak sama dan juga sangat beragam.

Alirman Sori berharap insan pers agar terus mengendors, mengoleksi semua informasi, dan diolah untuk disajikan kepada masyarakat sebagai edukasi sehingga pemahaman politik masyarakat terus bertambah.

“Yang paling penting menurut saya yang akan disajikan sekarang itu adalah memberikan keyakinan terhadap publik, apapun sistem politik yang dibangun di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah berdasarkan konstitusi, dan hal itulah yang menjadi pegangan kita,” tambahnya

Selanjutnya, Alirman Sori menjelaskan peran media dalam memperjuangkan negara ini juga sangat dibutuhkan terutama dalam menegakan demokrasi yang bermatabat dan berintegritas, yang betul-betul bisa menjadi milik semua rakyat Indonesia.

“Pers berjuangnya adalah memberikan penyegaran dan pencerdasan melalui pemberitaan yang mendidik dan berkualitas,” tutupnya. (Re)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.