Pererat Silaturahmi di Idul Fitri, Ini yang Dilakukan Masyarakat Nagari Sisawah Sumpurkudus Sijunjung

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Untuk menjalin silaturahmi, masyarakat Nagari Sisawah, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar) memiliki tradisi doa dan makan bersama di pandam kuburan.

Salah seorang warga Sisawah Dicko (27) yang berasal dari Suku Patopang menyebut, tradisi tersebut rutin setiap tahu dilaksanakan pada saat Hari Raya Idul Fitri.

“Kami dari Suku Patopang, melakukan kegiatan tersebut dalam rangka Hari Raya Idul Fitri untuk mendoakan orang-orang yang telah lebih dulu meninggal,” ungkapnya Minggu (23/4/2023).

Epi

Ia menambahkan, tidak hanya Suku Patopang, tetapi masyarakat suku lainnya yang ada di Sisawah turut melakukan acara serupa di pandam kuburan suku masing-masing.

“Acara ini juga sekaligus silaturahmi sesama sanak saudara sepasukuan, sekali setahun disinilah tempat silaturahmi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, acara makan bersama tersebut dikarenakan ninik mamak tidak bisa mengunjungi rumah anak kemenakannya satu persatu, sehingga dilakukan di pandam kuburan suku sekaligus mendoakan yang telah meninggal.

“Setiap sanak saudara yang berada di setiap jorong Nagari Sisawah yang bersuku Patopang hadir disini untuk saling bersilaturahmi,” pungkasnya.fiz/dicko

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.