Perkampungan Adat Sijunjung Dinilai Tim ADWI Kemenparekraf RI, Wagub Sumbar Sebut Lorong WaktuNya Minangkabau

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Tak bisa dipungkiri, ternyata Kemenparekraf RI, yang dipimpin Sandiaga Uno–melakukan penilaian terhadap Desa Wisata Perkampungan Adat, di Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, sangat terkesan terhadap Perkampugan Adat yang memiliki pesona tersendiri itu.

Bahkan, sebelum melakukan penilaian, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat, Audy Joinaldy melantunkan sebuah pantun bersama Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir didampingi Wabup H. Iradatilah,S.Pt.

Dalam pantun tersebut, Wagub Audy menyebut, Perkampungan Adat Nagari Sijunjung itu, sebagai Lorong WaktuNya Minangkabau.

Tak ayal, mendengar keterangan tersebut membuat Kemenparekraf RI–dan Mas Menteri Sandiaga Uno selaku Tim Penilai Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, pada Sabtu (1/4/2023) siang itu sangat terkesan dengan Perkampungan Adat, di Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

Apalagi, secara spontan, Wagub Sumbar Audy, menyebut kehadapan Mas Menteri dan Tim Penilai ADWI 2023, menyebut dalam pantunnya, Perkampungan Adat itu sebagai Lorong WaktuNya Minangkabau.

Penilaian tersebut, merupakan visitasi kedua Kemenparekraf RI, yang dipimpin Sandiaga Uno,– untuk penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, pada Sabtu (1/4/2023) itu —setelah sebelumnya juga dilakukan hal yang sama di Kabupaten Pariaman.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga Uno yang akrab disapa Mas Menteri didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, dan Bupati – Wabup, Benny Dwifa Yuswir – H..Iradatillah serta Sekdakab Zefnihan, unsur Forkopimda dan OPD terkait, camat dan walinagari juga disambut ratusan masyarakat setempat dengan atraksi kesenian yang menjadi salah satu daya tarik wisata desa di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung.

Tak hanya itu, Sandiaga Uno juga diajak mengunjungi salah satu destinasi wisata
rumah-rumah adat yang ada di Perkampungan Adat, Nagari Sijunjung itu.

“Daya tarik perkampungan adat ini sangat menarik. Mari sama-sama kita jaga kelestarian lingkungannya, dan sama-sama kita bangun destinasi ini menjadi destinasi berkelas dunia,” harap Sandiaga.

“Terus gaungkan Indonesia lebih mendunia melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. Membuka ruang untuk berkarya, memastikan 4,4 juta lapangan kerja tercipta, dan kami masih terus percaya bangkitnya ekonomi dimulai dari desa.” lanjut Mas Mentri penuh semangat.

Epi

Gubernur Sumbar mengapresiasi visitasi Menteri Sandiaga dan berharap hal itu dapat menjadi pemicu semangat pengelola desa wisata untuk terus melakukan inovasi sehingga dapat mendukung program nasional menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru dari sektor pariwisata.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, mengapresiasi kehadiran mas menteri dan berharap Desa Wisata Perkampungan Adat, Nagari Sijunjung bisa menjadi desa wisata terbaik tahun 2023 ini.

Disebutkan Benny, sejak Perkampungan Adat, Nagari Sijunjung berubah menjadi desa wisata, banyak perubahan positif yang terjadi, terutama dapat mengubah anak nagari menjadi pemandu wisata.

Dalam visitasi itu, Menteri Sandiaga juga melakukan penandatangan prasati tugu Bundo Kanduang Perkampungan Adat dan pemberian pelakat Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Sandiaga Uno berpesan bahwa semua tersebut untuk kebangkitan Desa Wisata dan Ekonomi Kreatif sehingga perlu didukung oleh semua pihak, baik pemprov, pemda, perangkat desa dan masyarakat.

Hari Ini, Menparekraf RI Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung

Mas Menteri juga mengucapkan selamat atas masuknya Desa Wisata Perkampungan Adat, Nagari Sijunjung dalam 75 besar ADWI tahun2023.

“Semoga apa yang diharapkan sesuai dengan yang direncanakan,”ucap Menparekraf RI, Sandiaga Uno.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno itu datang ke Sijunjung sudah tercatat untuk ke-3 kalinya.

Bupati-wabup Sijunjung, Benny-Radi

Kunjungan ke-3 ini adalah dalam rangka visitasi Perkampungan Adat Sijunjung sebagai nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si dan Wabup H. Iraddatillah, S.Pt serta Kadisparpora Afrineldi, SH menyambut kedatangan Sandiaga Uno yang Hadir didampingi Uda Wagub Audy Joinaldy serta Kadispar Propinsi Sumbar, Luhur Budianda.

Sandiaga Uno mengelilingi Perkampungan Adat Sijunjung mengendarai Vespa kemudian menyaksikan atraksi Silat Harimau, melihat souvenir dan ekonomi kreatif lainnya.
Perkampungan Adat Sijunjung “Lorong Waktu Minangkabau” memiliki keunikan sehingga menjadi Desa Wisata.

Desa Wisata Perkampungan Adat Sijunjung sudah dikenal akan Bakaua Adat, malamang, Tobo Kongsi dan berjejernya 76 Rumah Gadang dalam satu kawasan.

Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke-3 ini bertepatan dengan 10 Ramadhan 1444 Hijriyah.*

foto.ovi/video diciko

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.