Safari Ramadhan di Salimpaung, Bupati Eka Putra: Pembenahan Kampung Kumuh Dilanjutkan

HLP

JURNALSUMBAR| Batusangkar – Tim 1 Safari Ramadhan Tanah Datar yang dipimpin Bupati Eka Putra. Rombongan disambut ratusan jamaah Masjid Taqwa Jorong Koto Tuo, Nagari Salimpaung Kecamatan Salimpaung, Sabtu (1/4).

Inhendri Abbas Dt. Rajo Tanbasa selaku pengurus Mesjid Taqwa menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran tim 1 Safari Ramadhan Tanah Datar ke masjid tersebut.

In Hendri mengucapkan, terima kasih tak terhingga atas kedatangan bupati dan rombongan dalam rangka safari Ramadhan. Mohon maaf atas kekurangan dalam penyambutan dari kami kepada bupati dan rombongan,” katanya.

idul adha

Hal senada juga disampaikan Wali Nagari Salimpaung Marjohan. Ia menyebut ini adalah kali pertama kedatangan tim safari ramadhan ke Masjid Taqwa Koto Tuo.

Sangat besar kecintaan Bupati Tanah Datar Eka Putra kepada kita masyakarat Salimpaung. Rencana awal kedatangan beliau tanggal 29 Maret berbenturan dengan tugas lainnya, tapi beliau tetap usahakan hadir hari ini di masjid yang kita cintai ini,sebut Marjohan.

Marjohan kemudian menjelaskan sejumlah program yang tengah dilaksanakan di nagari tersebut.

“Sudah terlaksana satu program, pembenahan kampung kumuh tahap 1, rencana 3 tahap 3 tahun berturut-turut. Di tahun 2023 ini kita dapat dana dari provinsi untuk perbaikan jalan. Kita juga melakukan pengembangan sejumlah jalan menjadi jalan alternatif menuju jalan utama. Tahun ini juga akan dilakukan perbaikan jalan menuju Koto Baru yang merupakan sentra pertanian masyarakat Nagari Salimpaung dan ini memang sangat dibutuhkan masyarakat” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tanah Datar menjelaskan perubahan jadwal kehadirannya ke Masjid Taqwa adalah karena berbenturan dengan tugasnya sebagai Bupati ke luar kota.

Epi

Dikatakan,seyogyanya memang tim akan berkunjung pada tanggal 30 Maret kemarin, namun karena Saya harus melakukan perjalanan dinas ke luar kota maka baru malam ini tim bisa berkunjung ke sini.

Perjalanan tersebut, menurut Bupati, memang harus dilaksanakan guna pendekatan dan menjalin komunikasi intens dengan pemerintah pusat demi mendapatkan dana untuk dibawa ke Tanah Datar.

APBD kita rendah, jadi Saya selaku kepala daerah harus melakukan pendekatan dan menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat supaya kita bisa mendapatkan anggaran untuk membangun kabupaten yang kita cintai ini. Alhamdulillah dari pertemuan kemarin dengan bapak Prabowo, Menhan RI akan memberikan bantuan untuk Rumah Sakit M. Ali Hanafiah Batusangkar. Selain itu direncanakan bapak Presiden bersama bapak Menhan juga akan berkunjung ke Tanah Datar, semoga ini nantinya akan menjadi kekuatan bagi kita,sebut Bupati.

Disebutkan Bupati, sejumlah program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar seperti Satu Rumah Satu Hafizh, Satu Nagari Satu Hafizh.

Bupati Eka Putra juga mengimbau seluruh masyarakat agar memperbanyak ibadah selama bulan Ramadhan tahun ini. Juga mengimbau para pemilik warung agar menutup dan menghentikan aktivitasnya selama melaksanakan ibadah sholat Isya dan tarawih berjamaah.

Di penghujung sambutannya, Bupati Eka Putra juga mengingatkan agar masyarakat selalu berdoa agar dijauhkan dari orang-orang yang munafik. Karena menurutnya orang yang munafik tidak bisa dipercaya dan tidak bisa dijadikan teman.

Eka Putra dan rombongan dalam kesempatan itu juga menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar 10 juta rupiah dan buku agama, juga bantuan senilai 2.5 juta rupiah dari Bank Nagari Cabang Batusangkar.

Tim 1 Safari Ramadhan Tanah Datar beranggotakan Kepala Bappeda Litbang Alfian Zamra, Kadis Kominfo Yusrizal, Kadis Pertanian Sri Mulyani, Kadis Sosial Afrizon, Kabag Kesra Ali Nardius, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Kabid Trantib Pol PP Saiful Anwar, Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar Fauzan, Direktur Perumda Tuah Sepakat, awak media dan anggota tim.

Tim juga dihadiri anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari Dt. Gindo Marajo Nan Bapayuang Ameh, Yalpema Jurin, Surva Hutri, Camat Salimpaung berserta Forkopimca, Ketua KAN, BPRN, angku-angku, niniak mamak, alim ulama, bundo kanduang pemuda dan lain-lain -habede.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.