Jumat, PPP Mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Sijunjung, Partai Golkar Masih Menunggu Perintah DPP

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kalau tidak ada aral melintang, rencananya, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, usai sholat Jumat (12/5/2023) akan mendaftarkan sebanyak 30 bakal calon anggota legeslatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“InshaAlloh, sesudah sholat jumat kami akan mendaftarkan Bacaleg ke KPU. Sebelum itu akan di iringi doa bersama secara internal dulu di kantor DPC PPP Sijunjung,”kata Ketua DPC PPP Sijunjung, H. Iradatillah, S.Pt menjawab Jurnalsumbar.Com, Kamis (11/5/2023) malam.

Artinya, jika DPC PPP mendaftar ke KPU, maka Parpol yang dipimpin Wabup Sijunjung itu Parpol kedua yang mendaftar di KPU. Sebab, sebelumnya di hari ke-11 baru DPC PDI-Perjuangan yang pertama mendaftar.

Sempat Balangau, PDI-Perjuangan Mendaftar, KPU Sijunjung “Pocah Talua”

Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, DPC PPP, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, bakal incar kursi pimpinan.

Bahkan, Parpol berlambang ka’bah yang dipimpin Wabup Sijunjung, H. Iradatillah,S.Pt, itu bakal mengincar kursi pimpinan pada Pileg 2024 mendatang.

“Dulu, (Pileg, 2014-red), di Dapil 2 (Koto VII dan Sumpurkudus-red) PPP meraih dua kursi. Namun di 2019 tak ada wakil di Dapil 2. InsyaAlloh, kesuksesan yang pernah diraih itu akan kita raih lagi di Pileg 2024 mendatang,”ucap politisi senior PPP dan mantan anggota DPRD Sijunjung dan mantan anggota DPRD Sumbar itu suatukali pada Jurnalsumnar.Com.

Tak hanya dengan modal tiga kursi DPRD Sijunjung pada Pileg 2019, DPC PPP Sijunjung optimis dan yakin mengaruk pundi-pundi suara pada Pileg 2024 mendatang.

Menurut politisi yang merakyat itu, lumbung suaranya berada di Dapil 1 (Sijunjung-Lubuktarok-IV Nagari) dimungkinkan dua kursi. Begitu juga di Dapil 2 (Kupitan-Koto VII dan Sumpurkudus) dimungkinkan dua kursi. Selain itu, di Dapil 3 (Tanjung Gadang dan Kamangbaru) partai yang dipimpin Wabup Sijunjung itu mengincar dua kursi.

Target enam kursi pada Pileg 2024 mendatang itu, menurut pengusaha muda itu tak muluk-muluk. Apalagi, jika nantinya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno jadi bergabung. Maka diyakini mampu mendongkrak suara PPP di Pileg 2024 mendatang.

Nah, untuk itu, Radi, sapaan akrab Iradatillah, berharap semua pengurus dan simpatisan PPP untuk merapatkan barisan dan berupay mendulang suara PPP di tiap nagari hingga jorong.

Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, Ketua DPD Partai Golkar Sijunjung
PERANTAU SIJUNJUNG

Bedahalnya dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Sijunjung. Kabarnya, Partai Golkar masih menunggu intruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Kita masih menunggu perintah DPP,”kata Ketua Partai Golkar Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si menjawab Jurnalsumbar.Com, Kamis (11/5/2023) malam.

Meski demikian, partai berlambang pohon beringin itu akan mengincar kursi pimpinan.

“InshaAlloh akan kita rebut kembali masa kejayaan Partai Golkar di Pemilu 2024 mendatang di Kabupaten Sijunjung. Akan kita upayakan marwah Partai Golkar kembali berjaya di Ranah Lansek Manih,”ucap Ketua DPD Golkar yang juga Bupati Sijunjung itu suatukali pada Jurnalsumbar.Com.

Selain PPP, rencananya besok juga akan mendaftar ke KPU Partai NasDem. “Mungkin besok (Jumat, 12/5/2023-red) kami mendaftar ke KPU,”kata Drs. H. Marlis,MM, Ketua DPD Partai NasDem Sijunjung menjawab Jurnalsumbar.Com, Kamis (11/5/2025) siang.

Drs.H.Marlis,MM, Ketua DPD Partai NasDem Sijunjung

Seperti diberitakan sebelumnya, memasuki hari ke-10 (Rabu, 10/5/2023-red) belum satupun partai politik (Parpol) mendaftarkan bakal calon legeslatif (Bacaleg) nya di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Padahal, sejak Senin (1/5/2023-red) lalu, KPU secara nasional telah membuka pendaftaran. Sayang, hingga Rabu (10/5/2023-red) belum satupun Parpol yang mendaftar untuk ikut Pileg 2024 mendatang itu.

Tak ayal, KPU Sijunjung yang terletak di Jln.M.Yamin Muaro Sijunjung, Sumatera Barat itupun hingga Rabu (10/5/2023) masih “balangau”.

“Yaa, kami sejak 1 Mei telah membuka pendaftaran bagi Parpol untuk Bacalegnya. Hingga sore (Rabu, 10/5/2023) kemarin belum ada yang mendaftar. Pendaftaran itu sendiri akan berakhir pada Minggu (14/5/2023) mendatang,”ucap Komisioner KPU Sijunjung, Gunawan, SP menjawab Jurnalsumbar.Com, Kamis (11/5/2023) sore.

Komisioner KPU Sijunjung, Gunawan, SP

Ditambahkan Gunawan, ada 18 Parpol dan 540 Baceleg di Sijunjung bakal ikut berkompetisi di Pileg 2024–akan memperebutkan 30 kursi di DPRD Sijunjung.

Artinya, jika semua Bacaleg lengkap, maka sebanyak 510 Bacaleg akan tersingkir dari “pertarungan” perebutan “kursi empuk” di DPRD Sijunjung.

Disebutkan Komisioner KPU Sijunjung itu, di Sijunjung sendiri terdapat tiga Dapil. Untuk Dapil 1 (Lubuktarok, Sijunjung dan IV Nagari), Dapil 2 (Kupitan, Koto VII dan Sumpurkudus) dan Dapil 3 ( Tanjung Gadang dan Kamangbaru) dengan memperebutkan 173.615 Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan 762 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah termasuk satu TPS Khusus Lembaga Permasyarakatan (LP) Muaro.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.