Sempat Balangau, PDI-Perjuangan Mendaftar, KPU Sijunjung “Pocah Talua”

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Memasuki hari ke-10 (Rabu, 10/5/2023-red) belum satupun partai politik (Parpol) mendaftarkan bakal calon legeslatif (Bacaleg) nya di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Padahal, sejak Senin (1/5/2023-red) lalu, KPU secara nasional telah membuka pendaftaran. Sayang, hingga Rabu (10/5/2023-red) belum satupun Parpol yang mendaftar untuk ikut Pileg 2024 mendatang itu.

Komisioner KPU Sijunjung, Gunawan, SP
idul adha

Tak ayal, KPU Sijunjung yang terletak di Jln.M.Yamin Muaro Sijunjung, Sumatera Barat itupun hingga Rabu (10/5/2023) masih “balangau”.

“Yaa, kami sejak 1 Mei telah membuka pendaftaran bagi Parpol untuk Bacalegnya. Hingga sore (Rabu, 10/5/2023) kemarin belum ada yang mendaftar. Pendaftaran itu sendiri akan berakhir pada Minggu (14/5/2023) mendatang,”ucap Komisioner KPU Sijunjung, Gunawan, SP menjawab Jurnalsumbar.Com, Kamis (11/5/2023) sore. Lengkapnya, simak video diatas.

Ditambahkan Gunawan, ada 18 Parpol dan 540 Baceleg di Sijunjung bakal ikut berkompetisi di Pileg 2024–akan memperebutkan 30 kursi di DPRD Sijunjung.

Artinya, jika semua Bacaleg lengkap, maka sebanyak 510 Bacaleg akan tersingkir dari “pertarungan” perebutan “kursi empuk” di DPRD Sijunjung.

Epi

Disebutkan Komisioner KPU Sijunjung, di Sijunjung itu sendiri terdapat tiga Dapil. Untuk Dapil 1 (Lubuktarok, Sijunjung dan IV Nagari), Dapil 2 (Kupitan, Koto VII dan Sumpurkudus) dan Dapil 3 ( Tanjung Gadang dan Kamangbaru) dengan memperebutkan 173.615 Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan 762 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah termasuk satu TPS Khusus Lembaga Permasyarakatan (LP) Muaro.

Hal itu juga dibenarkan Komisioner Bawaslu Kabupaten Sijunjung, Juni Wandri, SH, M.Kn kepada Jurnalsumbar.Com, Kamis (11/5/2023) di kantor KPU Sijunjung.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Sijunjung, Juni Wandri, SH, M.Kn

Dari hasil pantauan Jurnalsumbar.Com, pada Kamis (11/5/2023) hingga pukul 15.01 WIB belum satupun Parpol mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Sijunjung. Meski pihak penyelenggara Pemilu itu telah bersiap-siap saban hari menunggu pendaftaran Bacaleg.

Namun, sekitar pukul 15.45 WIB, Kamis (1/5/2023), pengurus PDI Perjuangan setempat datang ke KPU Sijunjung. Bahkan satu-satunya Parpol untuk pertamakali datang mendaftarkan Bacalegnya ke penyelenggara Pemilu itu.

  • Sekitar pukul 15.45 WIB, Pengurus PDI-Perjuangan mendaftar di KPU

Berkas Bacaleg diserahkan Ketua PDI-P yang dikuasakan pada Sekretaris PDI Perjuangan, Givo Aldino kepada komisioner KPU Sijunjung.

“Terimakasih kami ucapkan pada awak media yang meliput. Kami tak ada merasa terganggu oleh media, malah kami justeru terbantu dengan peliputan beritanya. Kami selalu terbuka dan demokrasi yang merdeka,”ucap anggota komisi 1 DPRD Sijunjung itu.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.