Muhammad Husni Sabil, Korban Perdagangan Manusia asal Tanjung Koto VII Disambut Pemkab Sijunjung

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kita masih ingat dengan sosok Muhammad Husni Sabil (28), yang menjadi korban perdagangan manusia dan disekap di Myanmar.

Ia adalah warga Tanjung, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Muhammad Husni Sabil, berhasil dibebaskan dengan selamat.

Bahkan, kala itu, Kementerian Luar Negeri Indonesia mengkonfirmasi pembebasan itu dilakukan pada Sabtu (6/5/2023) lalu.

Muhammad Husni Sabil, menceritakan ikhwal peristiwa penyenderaan tersebut pada pers di Ranah Lansek Manih

Pemerintah Indonesia melalui KBRI Yangon dan KBRI Bangkok berhasil membebaskan 20 WNI korban perdagangan manusia termasuk Muhammad Husni Sabil, di online scams, keluar di wilayah konflik di Myawaddy, Myanmar.

Pemerintah RI Berhasil Bebaskan Warga Korban Perdagangan Manusia di Myanmar Termasuk Salahsatunya Warga Sijunjung

Melalui kerja sama KBRI Yangon dengan jejaring lokal yang memiliki akses ke wilayah Myawaddy, para WNI dapat dibebaskan dan dibawa menuju perbatasan Thailand .

Sebanyak 20 WNI itu berhasil dibawa ke perbatasan dalam dua gelombang, yaitu pada 5 Mei 2023 sebanyak 4 orang, dan 6 Mei 2023 sebanyak 16 orang.

Epi

Dari 20 orang tersebut salah satu korbannya adalah, Muhammad Husni Sabil (28), Warga Nagari Tanjung, Kec. Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Sumbar.

Tim Pelindungan WNI KBRI Bangkok selanjutnya membawa mereka ke Bangkok. Untuk proses pemulangan, KBRI Bangkok akan berkoordinasi dengan otoritas Thailand untuk perizinan repatriasi ke Indonesia.

Kini, Muhammad Husni Sabil sudah berada di Ranah Lansek Manih. Selasa (30/5/2023) ia disambut Pemkab Sijunjung di rumah dinas Bupati Sijunjung, Bukit Berbunga Muaro Sijunjung.

Penyambutan Muhammad Husni Sabil dipimpin bupati diwakili Sekdakab, DR. Zefnihan, AP,M.Si didampingi Kadis Nakertrans, Khamsyardi,S.STP, M.Si dan Kadis Kominfo, David Rinaldo, S.STP.

Kepulangan Muhammad Husni Sabil, semuanya dipasilitasi oleh Pemkab Sijunjung. “Alhamdulillah, Muhammad Husni Sabil sudah tiba di Muaro Sijunjung,”ucap Kadis Kominfo.

Dihadapan para wartawan, Muhammad Husni Sabil, pun mencrritakan tentang ikhwal pristiwa yang menimpa dirinya. Ia tak bosan-bosannya mengucapkan terimakasih pada Pemkab Sijunjung dibawa kepemimpinan Bupati-Wabup Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si – H. Iradatillah,S.Pt dan OPD terkait lainnya.

Pemred Jurnalsumbar.Com/Ketua F.Yanlik, Kabupaten Sijunjung, Saptarius terlibat dialog ringan dengan Bupati-Wabup Benny-Radi yang selalu kompak dan harmonis membahas berbagai hal .Termasuk membahas upaya pemulangan Muhammad Husni Sabil, kala itu.

Ketua Forum Pelayanan Publik (F.Yanlik) Kabupaten Sijunjung, Saptarius, sangat merespon upaya layanan yang dilakukan Pemkab Sijunjung.

“Itu pelayanan yang sangat luar biasa dilakukan Pemkab Sijunjung dibawa kepemimpinan Benny-Radi. Patut di apresiasi, Pemkab Sijunjung benar-benar melihatkan kepeduliannya. Semua pihak saling berkolaborasi berupaya memulangkan Muhammad Husni Sabil, Korban Perdagangan Manusia asal Tanjung Koto VII tersebut,”jelas Pemred Jurnalsumbar.Com / TaraNews.Co itu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.