Setahun Penerapan “SISUTANMUDO”, Dinas Kominfo Sijunjung Rencanakan Kembangkan “SILANA”

834

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sukses melaunching dan menerapkan aplikasi Sistem Informasi Surat Pemerintahan Mudah dan Otomatis (SISUTANMUDO) dalam penandatangan secara elektronik seluruh surat Pemerintahan di Kabupaten Sijunjung dalam satu tahun terakhir, Dinas Komunikasi dan Informatika targetkan mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Layanan Nagari (SILANA) pada tahun ini.

Hal ini disampaikan secara langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, David Rinaldo,SSTP, di ruangan Kantor Dinas Kominfo, Rabu (24/5/2023).

Kadis Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S. STP

“Setelah merasakan manfaat yang sangat signifikan dalam penggunaan Aplikasi SISUTANMUDO untuk seluruh persuratan di Pemerintahan Kabupaten Sijunjung, tim Aplikasi bidang TI Dinas Kominfo saat ini sedang mengembangkan sistem informasi untuk layanan Nagari (SILANA),” ujarnya.

“Hal ini dilakukan karena melihat antusias dari Pemerintahan Nagari yang telah merasakan manfaat dari Aplikasi SISUTANMUDO dalam penandatanganan surat, sehingga tim Aplikasi bidang TI berinisiatif untuk membantu memberikan kemudahan dalam pelayanan di tingkat Nagari dalam bentuk aplikasi” tambahnya.

Pengembang Aplikasi bidang TI, Fitriadi, S.Kom, M.CIO bersama Tata kelola bidang TI, Mega Asbut, SE, M.I.Kom

Sementara itu menurut Pengembang Aplikasi bidang TI, Fitriadi, S.Kom, M.CIO, aplikasi SILANA nantinya akan dibangun dengan menerapkan tandatangan elektronik dan seluruh layanan di Nagari akan diselenggarakan secara elektronik.

“Bahkan kedepannya, masyarakat Nagari yang berhalangan datang ke Kantor Wali Nagari dapat melakukannya dari rumah masing-masing” tuturnya.

Selain itu menurut Tata kelola bidang TI, Mega Asbut, SE, M.I.Kom, aplikasi SILANA tidak hanya dimanfaatkan oleh 1 Nagari saja namun akan dimanfaatkan oleh ke 62 Nagari.

Tata kelola bidang TI, Dinas Kominfo Sijunjung, Mega Asbut, SE, M.I.Kom

“Nantinya setelah selesai pembangunan aplikasi SILANA, secara bertahap akan kami sosialisasikan ke Nagari-Nagari dan setiap pengelola di Nagari kami berikan bimbingan teknis serta pelatihan dalam penggunaan Aplikasi ini.” tutupnya.

SISUTANMUDO, SIPUTIJUNJUNG dan SIJUNJUNG BA1K Terima HAKI Dari KEMENKUM HAM

Tak bisa dioubgkiri, bahkan sangat membanggakan, terbukti, Kabupaten Sijunjung berhasil menerima 3 Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia.

Bupati-wabup Sijunjung, Benny-Radi

Ketiga HAKI tersebut merupakan jenis ciptaan untuk Program Komputer yakni;

1. Sistem Informasi Surat Pemerintahan Mudah dan Otomatis (SISUTANMUDO) dengan Pencipta Benny Dwifa Yuswir, Zefnihan, Rizal Efendi, Fitriadi, Mega Asbut.

2. Sistem Informasi Pembuatan Surat Keputusan Bupati Sijunjung (SIPUTIJUNJUNG) dengan Pencipta Miswita, Fitriadi, Mega Asbut.

3. Aplikasi Sijunjung Birokrasi Berorientasi Kinerja (SIJUNJUNGBA1K) dengan Pencipta Riky Mainaldi Neri, Niki Pratama, Fitriadi, Mega Asbut.

Ketiga HAKI diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Sumbar kepada Bupati Sijunjung pada Senin, 15 Mei 2023 lalu di Balairung Lansek Manih.

Ketua Forum Pelayanan Publik (F.Yanlik) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Saptarius, memuji langkah dan terobosan yang dilakukan Dinas Kominfo dibawa kepemimpinan Davi Rinaldo itu.

Saptarius, Ketua F.Yanlik Kabupaten Sijunjung/Pemred Jurnalsumbar.Com/Penjab.Pemred TaraNews.Co

“Ini terobosan dan inovasi baru yang mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Layanan Nagari (SILANA). Kepala Dinas Kominfo beserta jajarannya patut diapresiasi. Apalagi jika penerapan SILANA itu telah menjangkau keseluruh nagari. Ini pertama di Sumatera Barat adanya aplikasi SILANA. Inilah bagian dari visi-misi bupati-wabup dalam mempercepat pelayanan pada masyarakat,”ucap Penjab/Pemred Jurnalsumbar.Com dan TaraNews.Co itu, Rabu (24/5/2023).

Wartawan utama itu juga berharap, agar semua nagari sudah menggunakan aplikasi SILANA.

“Dengan adanya aplikasi tersebut, diyakini bisa melayani masyarakat lebih cepat, hanya cukup dirumah saja semua urusan bisa selesai. Itu jika sudah semuanya menggunakan aplikasi SILANA,”imbuh mantan wartawan Harian Singgalang/Bengkulu Ekspres (jpnn) itu.meg/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here