30 Mahasiswa UNP Ber-KKN di Nagari Palaluar Koto VII Sijunjung, Ini Kata Ebid

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 30 mahasiswa/i berbagai disiplin ilmu dari Universitas Negri Padang (UNP), Sunatera Barat melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Nagari Palaluar, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung.

Ke-30 mahasiswa KKN itu diterima Walinagari Palaluar Ebid, pada Senin (19/6/2023).

“Mereka akan melaksanakan KKN selama sebulan lamanya. Yang dimulai hari ini (Senin-red) hingga 18 Juli 2023 mendatang,”sebut Walinagari Palaluar.

“Di Palaluar, para mahasiswa akan melaksanakan tugas-tugas dari program merdeka dan pelayanan publik, serta membantu penyebaran aplikasi Sistem Informasi Data Nagari Cinta Statistik (SICANTIK) dan program Nagari Palaluar Reklamasi Lahan Bekas Tambang dan Ketahanan Pangan (SITAMPAN).

Walinagari Palaluar, Ebid

“Program Nagari Palaluar SITAMPAN dan SICANTIK ini diharapkan bisa memberikan dampak terhadap ketahanan pangan dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Sijunjung,”ucap tokoh muda peraih, Paralegal Jusrice Award itu.

Epi

“Kami berharap juga, program tersebut dapat memulihkan ekonomi masyarakat Sijunjung khusus di Palaluar. Selain itu Pemkab Sijunjung harus memikirkan juga proses kelanjutan dari adanya program yang dilakukan Nagari Palaluar, Sehingga nantinya keberadaanya kedepan dapat dirasakan masyarakat,”ucap Ketua Forum Pelayanan Publik (F.Yanlik) Kabupaten Sijunjung, Saptarius.

Walinagari Palaluar, Ebid bersama Ketua F. Yanlik Kabupaten Sijunjung, Saptarius

Pemred/Penjab Jurnalsumbar.Com/TaraNews.Co itu berharap program yang dilakukan Nagari Palaluar menjadi perhatian khusus di tingkat Kabupaten Sijunjung dan Provinsi Sumbar.

Wartawan Utama itu menghimbau, agar semua pihak mengembangkan sektor pertanian dan sektor peternakan dengan baik.

Menurut mantan Wartawan JPNN (Bengkulu Ekspress) dan Harian Singgalang itu, diharapkan realisasi pelaksanaan program ketahanan pangan dan hewani yang dilaksanakan ini tidak hanya manis di kata-kata saja, kita ingin nanti realisasinya berjalan dengan baik dan lancar,”harapnya.

Wali Nagari Palaluar, Ebid, mengatakan kegiatan yang dilakukan Nagari Palaluar, dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2022 khususnya terkait pengggunaan dana sebesar 20% untuk ketahanan pangan nabati dan hewani.
Untuk tahap awal kita akam menanam pisang dan jagung,”ungkapnya

“Nah, dengan adanya mahasiswa UNP ber-KKN diharapkan dapat membantu percepatan kegiatan yang tengah dilakukan PemNag Palaluar. Semoga para adik-adik yang ber-KKN dapat berkolaborasi dan bersinergi bersama Pemerintah Nagari (PemNag),”tambah Ebid.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.