PAUD Negeri Percontohan Muaro Sijunjung Gelar “Market Day”

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan “Market Day” dengan memamerkan dan menjual hasil karya anak-anak untuk membangun jiwa wirausaha serta mengasah inovasi dan kreativitas anak sejak dini.

Kegiatan dengan Program Market Day “Pengusaha Cilik Sholeh dan sholehah” dan pameran hasil karya ini dibuka Kepala Sekolah PAUD Percontohan, Desfita Sari, S.Pd di halaman sekolah Paud setempat pada Rabu 14 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Desfita mengatakan bahwa latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini merupakan puncak tema yaitu profesi dan Market day terlaksana karena melihat latar belakang sekolah yang berada di pusat ibukota kabupaten yang dikelilingi oleh pusat perbelanjaan, seperti minimarket,pasar, dan tempat-tempat kuliner yang menyediakan berbagai jenis makanan dan jajanan.

“Tujuan dilaksanakannya market day ini adalah untuk membangun jiwa entrepreneur sejak dini dan mengasah bakat dan kemampuan dalam bidang kewirausahaan serta menumbuhkan kepemimpinan murid dimana anak terlibat langsung dalam proses pembelajarannya sendiri,”ujarnya.

Desfita mengatakan Komponen profil Pancasila yang dikembangkan dari kegiatan ini diantanya,

1. Beriman dan bertaqwa dan berakhlak mulia. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid untuk mengamalkan nilai-nilai agama dan kepercayaannya dalam bentuk sikap dan Tindakan atau perilaku positif.

Epi

2. Berkebhinekaan global menumbuhkan kepemimpinan murid untuk melatih murid memiliki pemikiran dan wawasan yang luas dan terbuka dengan melihat perbedaan dan menghargai beragam perspektif untuk hidup ditengah masyarakat yang majemuk.

3. Bergotong Royong , Mendorong kepemimpinan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.

4. Bernalar kritis , menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid untuk memiliki kemampuan bernalar kritis karena mereka akan belajar membuat pilihan-pilihan dan membuat keputusan-keputusan yang bertanggung jawab.

5. Kreatif, menumbuhkembangkan kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terekspos pada pengalaman belajar otentik yang menuntut mereka untuk mampu melihat permasalahan dan secara kreatif berusaha mencari solusi atas permasalahan tersebut.

6. Mandiri, Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid mendorong murid untuk mengambil kontrol dan bertanggung jawab pada proses pembelajarannya sendiri.
 
Perencanaan market day diantaranya
1.Tanya jawab dengan murid tentang tema profesi pedagang atau pengusaha
2.Menonton video transaksi jual beli dengan anak
3. Bermain peran transaksi jual beli dengan anak
4. Anak belajar mengenal mata uang
5.  Anak menentukan sendiri apa yang ingin dijual
6. Berkolaborasi dengan orangtua murid tentang kegiatan market day
 
Pelaksanaan kegiatan ini lanjut Desfita adalah Hari Rabu dan kamis (14 dan 15 Juni)Pukul 09.00-11.00 wib. Anak melakukan kegiatan jual beli disekolah selama 2 hari dengan jadwal 3 Kelas TK di hari pertama dan 3 kelas lain di hari kedua.

Salah seorang guru pendamping, Buk Mayang dikesempatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua murid yang selali setia dan kompak dalam membantu terlaksanany kegiatan ini.

“Kami atas nama sekolah mengucapkan terima kasih kepada ayah dan bunda yang telah bekerjasama dan berkontribusi dalam penyelenggaraan Market Day pada hari ini, sehingga kegiatan ini bisa berjalan sukses dan lancar. Kito berdoa semoga anak anak kita nantinya menjadi anak yang sukses dan bisa membenggakan kedua orang tua,”ujar Mayang.(Andri)
 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.