P𝗿𝗼𝗴𝗿𝗮𝗺 𝗞𝗮𝗺𝗽𝘂𝗻𝗴 𝗠𝗼𝗱𝗲𝗿𝗮𝘀𝗶 B𝗲𝗿𝗮𝗴𝗮𝗺𝗮 𝗞𝗲𝗺𝗲𝗻ag Disambut Baik M𝗮𝘀𝘆𝗮𝗿𝗮𝗸𝗮𝘁 𝗧𝗮𝗻𝗮𝗵 𝗟𝗮𝗽𝗮𝗻𝗴 𝗱𝗮𝗻 𝗦𝗶𝗸𝗮𝗹𝗮𝗻𝗴

1361

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Kelompok kerja (Pokja) Kecamatan Kampung Moderasi Beragama (KMB) Talawi dan Lembah Segar menggelar Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama pada desa atau kelurahan rintisan masing-masing, Rabu (12/7/2023).

Tim Pokja Kecamatan yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat langsung bertindak selaku narasumber. Adapun peserta berasal dari perwakilan tokoh-tokoh masyarakat,desa atau kelurahan baik dari kalangan Islam maupun Non Muslim.

Kasi Bimas Islam Kemenag Sawahlunto, Zulfahmi menjelaskan, kegiatan dilaksanakan di setiap kecamatan pada desa atau kelurahan rintisan yang ditunjuk Pokja terkait.

“Tidak semua desa atau kelurahan diberikan sosialisasi, tahun ini hanya ada 2 lokasi, yakni Kelurahan Tanah Lapang Kecamatan Lembah Segar dan Desa Sikalang Kecamatan Talawi,” terang Zulfahmi selaku tim pokja Kota saat meninjau pelaksanaan KMB di Kelurahan Tanah Lapang.

Menurut Zulfahmi, KMB adalah istilah bagi desa atau kelurahan yang memiliki cara pandang, sikap dan praktek beragama yang moderat dalam rangka menyukseskan pembangunan nasional.

“Insya Allah tanggal 27 Juli besok akan diluncurkan serentak seluruh Indonesia secara Hybrid oleh Kemenag RI,” tuturnya.

Zulfahmi berharap, sosialisasi akan terus dilanjutkan penyuluh agama Islam melalui objek binaan bersangkutan.

“Setelah launching 2 daerah rintisan terbaik akan ada pengembangan kampung moderasi beragama berbasis lingkungan sesuai potensi desa atau kelurahan yang dimiliki,” tuturnya.

Dikesempatan itu, tokoh masyarakat Tanah Lapang Epy Kusnadi, meminta Kemenag turut menggerakkan warga mengembangkan potensi keagamaan melalui kampung moderasi beragama. Kiy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here